Aplikasi kriptografi digital signature menggunakan penggabungan metode RSA dengan tanda tangan manual untuk pengamanan E-Dokumen

Pratama Juliarahman, Galih (2015) Aplikasi kriptografi digital signature menggunakan penggabungan metode RSA dengan tanda tangan manual untuk pengamanan E-Dokumen.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Internet merupakan salah satu media untuk bertukar informasi atau berkomunikasi. Namun, seiring dengan pesatnya perkembangan internet, masalah keamanan juga semakin kompleks. Salah satu masalah keamanan tersebut adalah pencurian dan pemalsuan data. Data yang dikirim lewat internet dapat diambil dan diubah oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Salah satu cara untuk mencegahnya adalah dengan membuat suatu tanda khusus yang memastikan bahwa data tersebut adalah data yang otentik/ utuh. Untuk memastikan data tersebut masih otentik/ utuh sampai di pihak penerima salah satunya dengan cara memberi tandatangan digital atau digital signature. Salah satu metode untuk membuat tandatangan digital adalah dengan RSA. Tujuan dari penelitian ini adalah membuat aplikasi kriptografi dengan menggabungkan biometrik dengan metode RSA sebagai salah satu solusi pada masalah manajemen kunci. Biometrik yang digunakan adalah tandatangan offline. Pada penelitian ini sebagai masukan generator kunci adalah tandatangan offline pengguna dapat menghasilkan satu atau lebih tandatangan digital untuk satu e-dokumen. Selanjutnya e-dokumen, tandatangan digital dan kunci public ditransmisikan lewat internet via e-mail pada pihak verifier. Kemudian pihak verifier memverifikasi apakah hasilnya valid atau tidak valid. Jika valid artinya e-dokumen tersebut masih otentik/ utuh dan pengirim adalah signer sebenarnya dari e-dokumen tersebut. Sebaliknya jika hasilnya tidak valid artinya e-dokumen tersebut sudah tidak otentik/utuh atau pengirim bukanlah signer sebenarnya dari e-dokumen tersebut.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Tandatangan offline, Tandatangan digital, Biometrik, RSA
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika > 2015
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:10
Last Modified: 16 Nov 2016 08:10
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/28977

Actions (login required)

View Item View Item