Penerapan Knowledge Management System Di PT Kalbe Morinaga Indonesia

Sulastri, (2016) Penerapan Knowledge Management System Di PT Kalbe Morinaga Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

PT. Kalbe Morinaga Indonesia (KMI) adalah sebuah perusahaan yang bergerak di bidang industri pembuatan susu bubuk. Perusahaan ini sangat memperhatikan kualitas pengetahuan dan informasi yang terus berkembang pada setiap karyawannya. Hal ini terbukti dengan penerapan budaya berbagi pengetahuan oleh PT. KMI kepada seluruh karyawannya melalui sharing dokumen OPL (One Point Lesson). OPL merupakan dokumen pengetahuan yang dibagikan dan disimpan kepada seluruh karyawan PT. KMI, pembuat dokumen OPL itu sendiri adalah semua karyawan di PT. KMI dengan pengkoreksian dari atasan, komite dan terakhir oleh koordinator. Permasalahan yang dihadapi adalah ketika koordinator kesulitan dalam memeriksa banyak OPL dari beberapa departmen, dikarenakan beliau harus memastikan tidak ada OPL baru yang 100% mengandung kesamaan pada setiap dokumen OPL yang sudah ada. Berjalannya sharing dokumen OPL ini dimaksudkan untuk membantu pekerjaan karyawan PT. KMI, akan tetapi dokumen OPL ini terlalu banyak sehingga mengakibatkan kesulitan karyawan dalam melakukan sharing. Tidak hanya itu, karyawan juga kesulitan mengetahui pengetahuan dari pengalaman karyawan lain dikarenakan suatu pengalaman kurang terjabarkan dalam suatu dokumen OPL yang sewaktu-waktu pengalaman tersebut dapat digunakan sebagai referensi dalam menyelesaikan masalah mereka.. Knowledge management system merupakan solusi yang tepat untuk permasalahan tersebut. Dengan menggunakan 10 step knowledge management roadmap dalam menganalisis pembangunan sistem diharapkan sistem ini dapat selaras dengan visi dan misi serta strategi perusahaan. Sehingga membantu mempermudah koordinator dan karyawan dalam mengelola pengetahuan. Berdasarkan hasil pengujian sistem, knowledge management system ini telah mampu membantu koordinator dalam menentukan kelayakan OPL baru dengan memeriksa kesamaan setiap OPL baru dengan OPL yang sudah ada, mempermudah pengelolaan pengetahuan seperti membuat, mengubah dan menyebarkan OPL serta mempermudah kayawan mengetahui pengalaman karyawan lain.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Sharing, One Point Lesson, Komite, Koordinator, Knowledge Management System, Step Knowledge Management Roadmap
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika > 2016
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 07:37
Last Modified: 16 Nov 2016 07:37
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/2899

Actions (login required)

View Item View Item