Pengaruh Keunggulan Biaya dan Strategi Diferensiasi Terhadap Peningkatan Kinerja Usaha (Suatu Survei Pada UKM Sentra Sepatu Cibaduyut)

Parsaulian Nababan, Daud (2014) Pengaruh Keunggulan Biaya dan Strategi Diferensiasi Terhadap Peningkatan Kinerja Usaha (Suatu Survei Pada UKM Sentra Sepatu Cibaduyut).

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Indonesia harus siap bersaing menjelang ASEAN Economic Community (AEC) 2015 mendatang. Pengembangan Usaha kecil dan menengah (UKM) memiliki nilai yang sangat strategis untuk mendorong ekonomi kerakyatan. beberapa faktor yang menjadi kendala yang dihadapi UKM sentra sepatu Cibaduyut yakni minimnya modal, tingginya biaya produksi, kurangnya inovasi dan banyaknya kompetitor. Rumusan masalah adalah bagaimana pengaruh kenggulan biaya dan strategi diferensiasi terhadap kinerja usaha baik secara simultan dan parsial. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah Deskriptive dan Verifikative dengan pendekatan Kuantitatif . Dianalisis dengan : Analisis Regresi Berganda, Koefisien Korelasi Pearson, Koefisien Determinasi (r square), Uji Hipotesis menggunakan bantuan program aplikasi SPSS 16.0 for windows. Populasi dalam penelitian ini adalah UKM sentra sepatu cibaduyut berjumlah 577 toko dan bengkel sepatu. Dan jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 63 toko dan bengkel sepatu. Hasil analisis menunjukan bahwa variabel keunggulan biaya (X1) skor tertinggi pada kualitas bahan baku sedangkan skor terendah pada harga bahan baku. variabel strategi diferensiasi (X2) indikator skor tertinggi pada tampilan produk dan terendah pada indikator mesin. variabel kinerja usaha (Y) indikator skor tertinggi pada target posisi pasar dan terendah pada indikator penjualan. Secara simultan keunggulan biaya dan strategi diferensiasi berpengaruh signifikan terhadap kinerja usaha. Secara parsial strategi diferensiasi memberikan pengaruh paling besar terhadap kinerja usaha dibanding dengan keunggulan biaya yang tidak berpengaruh signifikan.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Keunggulan Biaya, Strategi Diferensiasi, dan Kinerja Usaha
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Ekonomi Bisnis > Manajemen > 2014
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi > Manajemen (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:10
Last Modified: 16 Nov 2016 08:10
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/28991

Actions (login required)

View Item View Item