Implementasi metode kookurensi dan jaringan saraf tiruan hopfield untuk klasifikasi sepatu berdasarkan tekstur alas sepatu

Aditya Putra, Prasetyo (2015) Implementasi metode kookurensi dan jaringan saraf tiruan hopfield untuk klasifikasi sepatu berdasarkan tekstur alas sepatu.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Pengolahan citra sudah banyak sekali ragam dan variasinya mulai dari pemanfaatan barcode yang digunakan untuk mengenali informasi dari suatu produk, pengenalan tanda tangan yang digunakan untuk memverifikasi dan mengenali keaslian tanda tangan dari seseorang, sepatu pun dapat dikenali dan diklasifikasikan berdasarkan alas sepatu dengan membedakan tekstur citra tersebut, citra yang berbeda memiliki ciri-ciri yang berbeda, ciri-ciri inilah yang menjadi dasar dalam klasifikasi citra berdasarkan tekstur. Metode untuk memperoleh ciri-ciri citra tekstur adalah dengan menghitung matriks kookurensi dari data citra, ciri-ciri yang digunakan untuk klasifikasi citra pada penelitian ini menggunakan kontras, homogenitas, energi, entropi dan korelasi. Hasil ciri-ciri tersebut kemudian digunakan untuk klasifikasi dengan menggunakan jaringan saraf tiruan hopfield yang menentukan hasil klasifikasi berdasarkan tekstur. Dari hasil penelitian dapat diketahui bahwa citra-citra yang diujikan memiliki nilai-nilai matriks kookurensi yang bervariasi antara satu dengan yang lain, ciri-ciri tersebut mempengaruhi hasil klasifikasi sehingga dapat menyebabkan kesalahan klasifikasi. Pengujian klasifikasi citra berdasarkan tekstur dengan menggunakan data citra yang telah dilatih memiliki rata-rata tingkat akurasi 99,88% dan untuk citra yang belum dilatih rata-rata tingkat akurasi 78,63% .

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Hopfield, Jaringan Saraf Tiruan, Klasifikasi, Kookurensi, Tekstur.
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika > 2015
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:10
Last Modified: 16 Nov 2016 08:10
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/29025

Actions (login required)

View Item View Item