Perancangan Aplikasi Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis Android Pada Program Pesantren Mahasiswa (PPM) di Pondok Pesantren Daarut Tauhiid Bandung

Ardan Febrianto, Hilzan (2014) Perancangan Aplikasi Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis Android Pada Program Pesantren Mahasiswa (PPM) di Pondok Pesantren Daarut Tauhiid Bandung. Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Program Pesantren Mahasiswa (PPM) adalah salah satu program pesantren yang diadakan oleh daarut tauhiid, dimana tujuan dari program ini adalah sebagai sarana bagi para mahasiswa yang ingin menempuh pendidikan sekaligus memperdalam ilmu agama, Program Pesantren Mahasiswa ini layaknya tempat kosan, akan tetapi seluruh santri di program ini diwajibkan mengikuti materi-materi yang telah disediakan oleh Pembina Program Pesantren Mahasiswa, adapun materi-materi yang di ajarkan di program ini yaitu, fiqh, entrepreneur, sirah nabawiyah, aqidah, manajemen qolbu, bahasa arab, tahsin, ma��rifatullah, ilmu hadits, muhadharah, tsaqofah Islamiyah dan hafalan. Adapun kondisi pematerian yang terjadi di Program Pesantren Mahasiswa diantaranya yaitu pada pembelajaran bahasa arab, santri masih kesulitan dalam mempelajari bahasa arab, karena tidak adanya fasilitas-fasilitas yang dapat mempermudah pembelajaran, selain itu materi yang diberikan masih sulit untuk diterima oleh para santri yang masih awam dalam mempelajari bahasa arab, sehingga para santri ini kesulitan dalam menghafal kosakata. Maka dari itu aplikasi pembelajaran bahasa arab ini diharapkan dapat mempermudah para santri dalam mempelajari dan mendalami bahasa arab. Metode yang digunakan dalam perancangan ini adalah pendekatan OOA (Object Oriented Analysis), metode pengembangan menggunakan Prototype, alat yang digunakan untuk merancang sistem yaitu UML (Unified Modeling Language), sedangkan aplikasi yang dipilih dalam perancangan aplikasi ini menggunakan Eclipse dan dengan database AMPPS. Dengan adanya aplikasi pembelajaran bahasa arab berbasis android ini maka para santri Program Pesantren Mahasiswa dapat melakukan pembelajaran bahasa arab dengan mudah dan tidak terbatas oleh ruang dan waktu.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Android, Bahasa Arab, Santri, Pesantren
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Manajemen Informatika > Sistem Informasi > 2014
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Sistem Informasi (S1)
Depositing User: Admin Repository
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:10
Last Modified: 16 Nov 2016 08:10
URI: http://repository.unikom.ac.id/id/eprint/29056

Actions (login required)

View Item View Item