Perancangan Sistem Informasi Pelayanan Jasa Pengiriman dan Pengangkutan Barang Pada PT. Caturdaya Manunggal Maju Berbasis Web

Gilang Sukmanagara, Virgiawan (2014) Perancangan Sistem Informasi Pelayanan Jasa Pengiriman dan Pengangkutan Barang Pada PT. Caturdaya Manunggal Maju Berbasis Web.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

PT. Caturdaya Manunggal Maju (CMM) merupakan perusahaan yang bergerak di bidang jasa pengiriman / pengangkutan barang kargo melalui darat, laut dan udara, dengan kata lain perusahaan expedisi, perusahaan transportasi, perusahaan forwarding atau perusahaan kargo. PT.CMM memberikan pelayanan yang tepat waktu, aman dan terpercaya. Promosi yang dilakukan saat ini masih manual seperti penawaran produk jasa secara ketemu langsung, melakukan kesepakatan saat itu juga dan mengirimkan SPK (Surat Perintah Kerja) / SI (Shipping Instruction) melalui email atau fax. Dalam pembuatan laporan, PT.CMM masih harus merekap data satu per satu dari data transaksi yang ada sehingga prosesnya memakan waktu yang lama. Belum adanya sistem informasi pelayanan untuk pemesanan jasa secara online untuk memberikan kemudahan dalam melakukan pemesanan jasa pengiriman barang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui standar operasi kerja pengiriman barang yang saat ini berjalan dan selanjutnya merancang sistem informasi Pelayanan Jasa Pengiriman dan Pengangkutan Barang pada PT. Caturdaya Manunggal Maju berbasis Website sehingga dapat diakses oleh member perusahaan kapanpun dan dimanapun juga.Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dan penelitian tindakan. Untuk metode perancangan program menggunakan metode pendekatan terstruktur, dengan menggunakan alat bantu Flow Map, Diagram Konteks, Data Flow Diagram, Kamus Data, Normalisasi, Relasi Tabel, Entity Relationship Diagram, Struktur File, Kodifikasi. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Dalam perancangan program sistem pemesanan jasa pengiriman barang ini menggunakan bahasa pemograman PHP dengan database menggunakan MySql dan pembuatan laporan dengan menggunakan HTML2PDF sehingga outputnya berupa file PDF dan mempermudah proses pembuatan laporan.Hasil penelitian menunjukan bahwa sistem pelayanan jasa pengiriman barang ini disesuaikan dengan fasilitas di PT.CMM untuk mempermudah menyelesaikan masalah yang dihadapi, dengan harapan dapat menciptakan peningkatan kinerja serta operasional.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: pelayanan jasa, metode terstruktur, kargo, PHP, MySQL
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Manajemen Informatika > Sistem Informasi > 2014
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Sistem Informasi (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:10
Last Modified: 16 Nov 2016 08:10
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/29073

Actions (login required)

View Item View Item