Pengukuran Kinerja Sistem Layanan Simpus Dengan Kerangka Kerja Cobit Pada Dinas Kesehatan Kota Cimahi dan Penerapannya Pada Puskesmas Cigugur Tengah Kota Cimahi

Restu Febriyanti, Chitra (2014) Pengukuran Kinerja Sistem Layanan Simpus Dengan Kerangka Kerja Cobit Pada Dinas Kesehatan Kota Cimahi dan Penerapannya Pada Puskesmas Cigugur Tengah Kota Cimahi. Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Layanan SIMPUS memiliki peran dan fungsi yang sangat penting dalam meberikan pelayanan terhadap masyarakat khususnya yang akan melakukan kunjungan ke Puskesmas Cigugur Tengah Kota Cimahi. Layanan SIMPUS memberikan fungsi yang dimana memberikan kemudahan kepada user atau bagian pendaftaran yang melakukan proses pendaftaran disana, salah satunya membantu melaksanakan proses pendaftaran, proses input pasien atau pengunjung baru dan membantu proses pelaksaan SP3 yang dimana membantu proses pelaporan yang ada pada data pasien yang berkunjung.Namun sasaran pengendalian layanan SIMPUS untuk efisiensi, efektifitas dan ketersediaan layanan SIMPUS belum optimal sehingga untuk mengetahui sejauh mana kinerja layanan SIMPUS telah dapat merepresentasikan tujuan bisnis organisasinya dan apakah layanan SIMPUS yang telah berjalan saat ini sudah sesuai dengan proses bisnis, perlu dilakukan evaluasi layanan SIMPUS melalui kegiatan Audit sitem layanan SIMPUS di unit Sub Bagian Pendaftaran Puskesmas Cigugur Tengah Kota Cimahi.Pengukuran kinerja layanan SIMPUS dilakukan dengan menggunakan framework COBIT 4.1 dibantu dengan metode AHP untuk pemilihan domain dan metode IT BSC untuk penentuan proses yang dipilih dengan memilih satu domain dan satu proses yaitu DS4 (Memastikan layanan berkelanjutan).Langkah-langkah penelitian dimulai dari Pemahaman Masalah, Pra Survey, Perancangan Model Proses CobIT, Pembuatan Kuesioner, Melakukan Penilaian dan Perhitungan Kuesioner, Perhitungan Maturity Level dan Pembuatan Rekomendasi dan Perbaikan.Hasil dari Audit Sistem Layanan SIMPUS ini dimana pada akhirnya kita akan mengetahui tingkat kematangan atau Maturity Level dari Sistem yang akan kita evaluasi dan apabila kita sudah mengetahuinya maka kita pun akan memberika rekomendasi mengenai hasil akhir tingkat kematangannya tersebut.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Layanan SIMPUS, COBIT 4.1, Metode AHP, Metode IT BSC Maturity Level, Kinerja
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Manajemen Informatika > Sistem Informasi > 2014
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Sistem Informasi (S1)
Depositing User: Admin Repository
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:10
Last Modified: 16 Nov 2016 08:10
URI: http://repository.unikom.ac.id/id/eprint/29076

Actions (login required)

View Item View Item