Pengaruh Penerapan Self Assesment System dan Penagihan Pajak Terhadap Penerimaan Pajak (Survei pada Kantor Pelayanan Pajak di Kanwil DJP Jabar I )

Soehoeritjie, Nizie (2014) Pengaruh Penerapan Self Assesment System dan Penagihan Pajak Terhadap Penerimaan Pajak (Survei pada Kantor Pelayanan Pajak di Kanwil DJP Jabar I ).

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Pajak memiliki peran penting dalam suatu negara. Sebagian besar penerimaan negara berasal dari pajak. Saat ini penerimaan pajak masih belum terealisasi. Hal ini disebabkan oleh masih kurangnya penerapan self assesment system dan tingginya tunggakan pajak. Upaya yang dilakukan agar penerimaan dari sektor pajak optimal yaitu dengan cara menerapkan self assesment system dan melakukan penagihan pajak. Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan secara empiris mengenai pengaruh penerapan self assesment system dan penagihan pajak terhadap penerimaan pajak pada Kantor Pelayanan Pajak di Kanwil DJP Jawa Barat I.Dalam penentuan sampel menggunakan metode purpossive sampling dengan memilih 9 Kantor Pelayanan Pajak yang berada di Kanwil DJP Jawa Barat I. Data penerapan self assesment system diperoleh dengan menggunakan kuesioner, penagihan pajak diperoleh dengan menggunakan realisasi pencairan tunggakan pajak tahun 2013 dan penerimaan pajak diperoleh dengan menggunakan realisasi penerimaan pajak tahun 2013. Pengujian hipotesis dilakukan dengan analisis regresi linier berganda. Proses analisis tersebut menggunakan software SPSS 20.0 for windows.Hasil analisis regresi linier berganda menunjukan bahwa penerapan self assesment system berpengaruh signifikan dan memiliki hubungan positif terhadap penerimaan pajak. Selain itu penagihan pajak juga berpengaruh signifikan dan memiliki hubungan positif terhadap penerimaan pajak.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Penerapan Self Assesment System, Penagihan Pajak dan Penerimaan Pajak
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Ekonomi Bisnis > Akuntansi > 2014
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi > Akuntansi (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:10
Last Modified: 16 Nov 2016 08:10
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/29111

Actions (login required)

View Item View Item