Pengaruh Free Cash Flow dan Debt To Equity Ratio Terhadap Dividen Payout Ratio Pada Perusahaan Telekomunikasi Yang Terdaftar di BEI

Fathoni, Andriansyah (2014) Pengaruh Free Cash Flow dan Debt To Equity Ratio Terhadap Dividen Payout Ratio Pada Perusahaan Telekomunikasi Yang Terdaftar di BEI.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Tujuan utama investor dalam berinvestasi adalah untuk mengharapkan pengembalian dalam bentuk dividen atau capital gain. Untuk mengukur jumlah pembayaran dividen, perusahaan perlu mempertimbangkan banyak faktor yang mempengaruhi rasio pembayaran dividen (DPR). Salah satu faktornya adalah posisi kas dan hutang perusahaan, di mana posisi kas dapat diwakili oleh free cash flow (FCF), sedangkan hutang perusahaan yang diwakili oleh debt to equity ratio (DER) Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui apakah FCF dan DER berpengaruh signifikan terhadap DPR pada perusahaan sektor telekomunikasi yang terdaftar di BEI untuk periode 1998-2012.Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif dan verifikatif. Data yang digunakan adalah data sekunder. Sampel di seleksi menggunakan metode purposive sampling dan menghasilkan sebanyak 30 sampel terdiri dari 2 perusahaan telekomunikasi pada periode 1998-2012 dari 135 populasi yang terdiri dari 9 perusahaan telekomunikasi. Analisis statistik yang digunakan regresi linier berganda sedangkan tes hipotesis yang digunakan adalah uji t dan uji f dengan bantuan SPSS versi 16 for Windows.Berdasarkan pada hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa FCF berpengaruh signifikan terhadap DPR dan memiliki hubungan positif yang kuat. DER berpengaruh signifikan terhadap DPR dan memiliki hubungan yang positif yang kuat. Secara simultan FCF dan DER berpengaruh signifikan terhadap DPR dan memilki hubungan yang positif yang kuat.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: free cash flow, debt to equity ratio dan dividend payout ratio
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Ekonomi Bisnis > Akuntansi > 2014
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi > Akuntansi (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:10
Last Modified: 16 Nov 2016 08:10
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/29127

Actions (login required)

View Item View Item