Pembangunan E-Learning di SMAN 3 Kuningan

Fityan M, Mochammad (2014) Pembangunan E-Learning di SMAN 3 Kuningan. Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

SMAN 3 Kuningan memiliki fasilitas dan sarana pendidikan yang cukup lengkap yang sesuai dengan kebutuhan pembelajaran.Proses pembelajaran yang berlangsung di SMAN 3 Kuningan sekarang masih menggunakan konsep strategi pembelajaran ekspositori yang dikenal dengan istilah pembelajaran langsung (direct instruction) yang artinya semua materi pelajaran disampaikan langsung oleh guru dan siswa dengan hanya mendengarkan. Dengan pembelajaran yang ada sekarang ini, maka terjadi guru yang aktif dan siswa cenderung pasif.Siswa yang aktif dan selalu ingin maju ingin mengetahui sejauh mana kemampuan dia memahami dan mengerti setiap pelajaran, namun transparansi nilai yang kurang disosialisasikan atau bahkan tidak ada sama sekali menyebabkan siswa hanya bisa melihat nilai akhir mata pelajaran di akhir semester. Transparansi nilai yang kurang disosialisasikan tidak hanya terjadi pada siswa, guru sebagai walimurid pun kurang mendapatkan transparansi nilai anakwalinya. Hal tersebut menyebabkan guru kesulitan memberikan informasi yang akurat disaat orangtua murid bertanya tentang perkembangan belajar anaknya.Sejalan dengan perkembangan teknologi, maka munculah inovasi baru dalam pembelajaran berbasis komputer berjaringan internet. E-learning merupakan suatu media pembelajaran yang menggunakan metode instruksional yang disampaikan melalui media komputer, internet, intranet atau jaringan komputer dengan menggunakan kata-kata dalam bentuk teks, gambar, animasiatau video.E-Learning dimaksudkan untuk membantu peserta didik mencapai tujuan belajar. Pemanfaatan e-learning diharapkan dapat meningkatkan kualitas aktifitas da nkemandirian siswa, peningkatan kualitas pembelajaran serta kualitas komunikasi antar guru dengan siswa. Oleh karena itu, diperlukan sarana/medium distance learning khususnya yang berbasis internet. Dengan sarana pembelajaran jarak jauh ini dapat memungkinkan terjadinya proses pendidikan tanpa melalui tatap muka langsung.Pengujian yang digunakan untuk menguji aplikasi ini yaitu menggunakan metode pengujian black box dan beta.Berdasarkan hasil pengujian, aplikasi ini dapat membantu membantu guru dalam menyampaikan materi ketika berhalangan hadir, membantu menyediakan sarana komunikasi antara guru dan siswa dan membantu memberikan transparansi nilai matapelajaran kepada siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: e-learning, mediapembelajaran, online
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika > 2014
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:10
Last Modified: 16 Nov 2016 08:10
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/29135

Actions (login required)

View Item View Item