Pembangunan Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Jurusan dan Perguruan Tinggi Bagi Siswa Sma Negeri 2 Purwakarta Dengan Metode AHP

Febriyanto, Eko (2014) Pembangunan Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Jurusan dan Perguruan Tinggi Bagi Siswa Sma Negeri 2 Purwakarta Dengan Metode AHP.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

SMA NEGERI 2 Purwakarta adalah salah satu sekolah Menengah Negeri yang ada di Kabupaten purwakarta. Banyak lulusan dari SMA NEGERI 2 Purwakarta yang melanjutkan pendidikan ke Perguruan Tinggi Negeri maupun Perguruan Tinggi Swasta.Banyak siswa yang merasa bingung dalam memilih jurusan dan perguruan tinggi, untuk mengatasi masalah tersebut akhirnya siswa konsultasi dengan guru BK ( Bimbingan Konseling) tetapi karena terbatasnya jumlah guru BK akhirnya tidak semua siswa dapat berkonsultasi dengan guru BK.Sistem pendukung keputusan yang dibangun menggunakan metode Analitycal Hierarchy Process (AHP). AHP merupakan metode pengambilan keputusan yang memberikan prioritas pilihan dari banyak kriteria dan alternatif penilaian. Melalui metode ini pula diharapkan permasalahan pemilihan dan penempatan pegawai dapat diselesaikan dengan tepat. Tools pengembangan perangkat lunak pada sistem ini menggunakan metode terstruktur dengan DFD ( Data Flow Diagram ) dalam menggambarkan model fungsional dan ERD ( Entity Relationship Diagram) untuk menggambar pemodelan aliran data dan informasi, serta Flowmap untuk menggambarkan sistem yang sedang berjalan.Setelah melakukan pengujian black box yang menggunakan Black Box dan pengujian Betha dengan metode wawancara dengan guru BK dan admin serta kuesioner kepada 50 siswa SMA Negeri 2 Purwakarta, diperoleh hasil bahwa aplikasi ini mampu memudahkan siswa dalam memperoleh saran jurusan dan perguruan tinggi negeri serta mempermudah guru BK dalam memberi saran kepada siswa, sehingga saran yang diberikan bisa optimal.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Sistem Pendukung Keputusan, Analitycal Hierarchy Process, bimbingan konseling
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika > 2014
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:10
Last Modified: 16 Nov 2016 08:10
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/29137

Actions (login required)

View Item View Item