Pembangunan E-Learning di SMK Farmasi Bumi Siliwangi Bandung

Agung Afif, Imam (2014) Pembangunan E-Learning di SMK Farmasi Bumi Siliwangi Bandung. Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

SMK Farmasi Bumi Siliwangi Bandung hingga saat ini menggunakan metode pembelajaran secara langsung di dalam kelas antara siswa dengan guru secara tatap muka melalui media buku atau paper sebagai referensi bahan ajar. Siswa yang ingin memperkaya ilmu atau membutuhkan referensi bahan belajar terkadang merasa kesulitan dalam mencari materi yang telah guru ringkas, akibatnya siswa menjadi terbatas dalam memanfaatkan sarana yang ada di dalam lingkungan sekolah karena dibatasi ruang dan waktu sehingga siswa merasa terbatas untuk memperkaya materi sebagai referensi bahan belajar yang efektif. Komunikasi antara siswa dan guru di dalam kelas dengan dibatasi jam pelajaran berakibat tidak semua siswa dapat melakukan komunikasi atau tanya jawab yang baik dengan guru.E-learning atau Electronic Learning merupakan suatu jenis belajar mengajar yang memungkinkan tersampaikannya bahan ajar ke siswa dengan menggunakan media internet, intranet, atau media jaringan komputer lainnya. E-learning digunakan sebagai media penunjang kegiatan belajar mengajar. Penerapan e-learning dalam proses belajar mengajar diharapkan dapat menjadi media tambahan bagi guru dalam menyampaikan bahan materi, menjadi media alternatif bagi siswa dalam memperkaya materi maupun mencari referensi bahan belajar, dan menjadi sarana komunikasi tambahan bagi siswa dan guru.Metode yang digunakan adalah metode analisis deskriptif yaitu metode yang bertujuan untuk mendapatkan gambaran yang jelas tentang karakteristik sebuah objek yang dapat menggambarkan dan menginterpretasikan objek tersebut sesuai dengan kebutuhan.Metode ini memiliki dua tahapan yaitu studi lapangan yang meliputi observasi dan wawancara, sedangkan tahap yang kedua yaitu studi literatur. Adapun penggunaan pendekatan analisis perangkat lunak pada penelitian ini menggunakan pendekatan analisis terstruktur. Aplikasi e-learning ini terdapat fitur unggulan berupa pencarian materi dengan menggunakan engine tipue search yang memudahkan siswa dalam mencari materi yang dibuat oleh guru.Berdasarkan hasil pengujian, maka dapat diperoleh kesimpulan aplikasi yang dibangun dapat menjadi media tambahan bagi guru dalam menyampaikan materi kepada siswa, menjadi media alternatif bagi siswa dalam memperkaya materi maupun mencari referensi bahan belajar, dan menjadi sarana komunikasi bagi siswa dan guru diluar pertemuan di sekolah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: E-learning, belajar mengajar, media alternatif, aplikasi, tipue search
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika > 2014
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika (S1)
Depositing User: Admin Repository
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:10
Last Modified: 16 Nov 2016 08:10
URI: http://repository.unikom.ac.id/id/eprint/29139

Actions (login required)

View Item View Item