Pembangunan Aplikasi Peta Lokasi Emergency Services di Provinsi Jawa Barat Berbasis Mobile Android

Hakim, Luqman (2014) Pembangunan Aplikasi Peta Lokasi Emergency Services di Provinsi Jawa Barat Berbasis Mobile Android.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Semua warga negara berhak memperoleh derajat kesehatan yang optimal agar dapat bekerja dan hidup layak sesuai dengan martabat manusia. Ketepatan dalam memilih jenis layanan darurat sesuai kebutuhan masyarakat dan jarak tempuh sangat penting sekali mengingat wilayah Jawa Barat yang cukup luas, terutama jika dalam keadaan darurat. Sehingga dibutuhkan suatu aplikasi yang dapat menyediakan layanan pencarian lokasi layanan darurat di Wilayah Jawa Barat dan menyediakan informasi seperti alamat beserta telepon agar masyarakat dapat langsung menghubungi layanan darurat dan mengetahui lokasi layanan darurat terdekat dengan posisi keberadaan sekarang atau tempat tinggal guna untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan.Dalam penerapan tahapan pengembangan sistem informasi penulis menggunakan sistem pengembangan prototype. Prototyping merupakan salah satu metode pengembangan perangat lunak yang banyak digunakan. Dengan metode prototyping ini pengembang dan pelanggan dapat saling berinteraksi selama proses pembuatan sistem. Sedangkan alat bantu yang penulis pakai adalah UML dengan memakai beberapa diagram tools, yaitu Usecase, Activity Diagram, Sequence Diagram, Depolyment Diagram dan Class Diagram.Berdasarkan dari segi keifisienan penulis mengimplementasikan aplikasi Peta Lokasi layanan darurat Di Jawa Barat ini dengan berbasis android karena teknologi android yang memiliki keunggulan tersendiri dalam hal penunjukkan lokasi android dibandingkan dengan web memiliki kelebihan tersendiri dikarenakan android yang dari awal di produksi oleh google hingga dalam mengakses peta berbasis Gmaps akan jauh lebih baik dibandingkan web yang menyediakan layanan peta, selain itu aplikasi android banyak di tanamkan di OS handphone sehingga mempermudah masyarakat dalam mengakses aplikasi ini dibanding harus mengakses website tertentu dari handphone.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Informasi layanan darurat Di Jawa Barat, lokasi layanan darurat, Gmaps, GPS, Android, Prototype, UML
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika > 2014
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:10
Last Modified: 16 Nov 2016 08:10
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/29145

Actions (login required)

View Item View Item