Implementasi Metode Normalized Cross Correlation Pada Template Matching Untuk Aplikasi Pendeteksi Objek Pada Citra Digital

Setiawan, Heri (2014) Implementasi Metode Normalized Cross Correlation Pada Template Matching Untuk Aplikasi Pendeteksi Objek Pada Citra Digital. Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Implementasi metode Normalized Cross Correlation pada Template Matching untuk aplikasi pendeteksi objek pada citra digital ini merupakan aplikasi yang didesain dan diimplementasikan untuk memudahkan dalam mencarian objek yang diinginkan pada suatu data citra. Sehingga dapat mempermudah pengguna dalam mendeteksi objek yang dicari sesuai dengan template (citra yang menjadi acuan), serta dapat mengukur metode yang digunakan melalui pendekatan berbasis template dari tingkat akurasi dan waktu yang dibutuhkan dalam melakukan proses deteksi. Proses pembacaan dan pendeteksian objek umumnya mengalami kesulitan pada saat model yang akan dijadikan template tidak sesuai atau berbeda dengan kondisi citra target sebagai citra uji, sehingga mengakibatkan objek yang dicari tidak dapat terdeteksi.Perangkat lunak aplikasi yang dibangun berjalan diatas platform yaitu Java berbasis JDK 1.8.0 dan JRE 1.8.0 dengan memanfaatkan library- library yang ada. Dalam proses pembangunanya, perangkat lunak ini terlebih dahulu dimodelkan menggunakan UML, kemudian diimplementasikan menggunakan bahasa pemograman JAVA melalui tools Java NetBeans IDE 8.0.Hasil pengujian dari penggunaan metode yang digunakan menghasilkan tingkat akurasi hingga 85%. Sehingga dapat diambil kesimpulan metode yang digunakan terbilang cukup baik diimplementasikan untuk aplikasi pendeteksi objek pada citra digital.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Deteksi Objek, Normalized Cross Correlation, Template Matching, Citra Digital
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika > 2014
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:10
Last Modified: 16 Nov 2016 08:10
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/29146

Actions (login required)

View Item View Item