Sistem Pengawasan dan Pengendalian Persediaan Barang Pada UD. Taruna Tani Putri

Irawan, Asep (2014) Sistem Pengawasan dan Pengendalian Persediaan Barang Pada UD. Taruna Tani Putri. Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

UD. Taruna Tani Putri merupakan sebuah usaha dagang yang menyediakan berbagai macam kebutuhan pertanian yang setiap harinya melayani kurang lebih 50 pembeli. Beberapa jenis barang akan meningkat penjualannya pada saat musim��musim tertentu seperti pada saat musim tanam padi terjadi peningkatan penjualan pada obat jenis herbisida, saat musim buah sampai musim panen peningkatan terjadi pada obat jenis insektisida dan fungisida. Pengadaan yang dilakukan oleh pemilik UD. Taruna Tani Putri menunggu persediaan di gudang habis sehingga pada saat terjadi peningkatan permintaan barang pada musim-musim tertentu permintaan pembeli tidak seluruhnya terpenuhi. Masalah lain yang terjadi yaitu pemilik UD. Taruna Tani Putri kesulitan dalam menentukan kuantitas pesanan karena permintaan pembeli setiap bulannya tidak tetap atau fluktuatif sehingga menyebabkan sering terjadinya kelebihan dalam melakukan pemesanan barang sehingga terjadinya penumpukan barang di gudang. Oleh karena itu, untuk mengatasi masalah-masalah yang ada pada UD. Taruna Tani Putri yaitu dengan melakukan pengawasan persediaan barang agar jumlah persediaan dapat terus diketahui dan kapan harus melakukan pengadaan serta berapa banyak jumlah barang yang harus dibeli dengan melakukan pengendalian persediaan yaitu meramalkan permintaan barang untuk satu tahun kedepan. Metode peramalan yang digunakan adalah tren variasi musiman karena pola data pada UD. Taruna Tani Putri adalah pola data musiman. Metode analisis yang digunakan dalam pembangunan sistem ini adalah berdasarkan metode analisis terstruktur, dimana tools yang digunakan untuk memodelkan aliran data adalah DFD (Data Flow Diagram), sedangkan tools yang digunakan untuk memodelkan relasi antar data adalah ERD (Entity Relationship Diagram).Pembangunan sistem pengawasan dan pengendalian persediaan ini diharapkan dapat membantu pemilik UD. Taruna Tani Putri dalam menghindari kekurangan persediaan dan juga membantu pemilik UD. Taruna Tani Putri dalam memberikan informasi berapa banyak jumlah barang yang harus dibeli sehingga tidak terjadi penumpukkan barang di gudang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Sistem Informasi, Pengawasan Persediaan Barang, pengendalian persediaan barang, peramalan permintaan barang, tren variasi musiman
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika > 2014
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika (S1)
Depositing User: Admin Repository
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:10
Last Modified: 16 Nov 2016 08:10
URI: http://repository.unikom.ac.id/id/eprint/29148

Actions (login required)

View Item View Item