Implementasi Data Mining Menggunakan Aturan Association Rule Terhadap Penyusunan Layout Makanan Dan Penentuan Paket Makanan Hemat di Rumah Makan Roso Echo Dengan Algoritma Apriori

Widiati, Elsa (2014) Implementasi Data Mining Menggunakan Aturan Association Rule Terhadap Penyusunan Layout Makanan Dan Penentuan Paket Makanan Hemat di Rumah Makan Roso Echo Dengan Algoritma Apriori. Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

RM. Roso Echo merupakan sebuah rumah makan khas jawa yang menerapkan konsep prasmanan dalam pelayanannya. Namun dalam proses penyusunan layout makanannya, rumah makan ini masih melakukannya secara acak dan belum sesuai dengan pola kebiasaan konsumen dalam mengambil makanan.Hal itu tentu saja akan mempengaruhi kenyamanan konsumen dalam mengambil makanan, sehingga akan berdampak pada kepuasan konsumen. Dengan berkurangnya tingkat kepuasan konsumen, tentu dapat menyebabkan pihak pengelola RM. Roso Echo kehilangan pelanggan, sehingga pendapatan yang akan diperoleh oleh pihak pengelola RM. Roso Echo menjadi tidak maksimal. Selain itu di RM. Roso Echo ini sering terjadinya antrian panjang, sehingga perlu dilakukannya pembentukan paket makanan hemat. Untuk itulah perlu dilakukannya suatu analisis menggunakan data mining guna mendapatkan informasi mengenai susunan layout makanan yang baru serta paket makanan yang dapat ditawarkan. Data mining merupakan suatu teknik untuk menggali suatu informasi yang tersembunyi dari suatu kumpulan data. Adapun salah satu metode data mining yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode association rule. Association rule merupakan salah satu teknik data mining yang berfungsi untuk menemukan hubungan antar variabel yang ada didalam suatu data transaksi. Hasil dari penelitian ini berupa suatu aplikasi yang mampu memberikan informasi kepada pihak pengelola RM.Roso Echo mengenai susunan layout makanan dan paket makanan hemat yang dapat diterapkan. Dan berdasarkan hasil pengujian eksperimental yang telah dilakukan dengan membandingkan hasil yang didapat antara sistem dengan perhitungan excel didapatkan suatu informasi mengenai layout makanan dan paket makanan hemat yang sama.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: roso echo, data mining, association rule, analisis, metode eksperimental
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika > 2014
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika (S1)
Depositing User: Admin Repository
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:10
Last Modified: 16 Nov 2016 08:10
URI: http://repository.unikom.ac.id/id/eprint/29149

Actions (login required)

View Item View Item