Implementasi Algoritma Iterative Deepening A* (IDA*) Dengan Stochastic Node Caching (SNC) Untuk Pathfinding Musuh Pada Game Labirin

Anggraini Surianto, Sri (2014) Implementasi Algoritma Iterative Deepening A* (IDA*) Dengan Stochastic Node Caching (SNC) Untuk Pathfinding Musuh Pada Game Labirin. Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Game labirin adalah sebuah permainan jaringan jalan yang bertujuan untuk menentukan jalur yang tepat dalam mencapai tujuan yang telah di tetapkan. Untuk meningkatkan kesulitan dalam bermain maka ditambahkan karakter musuh untuk mengejar karakter pemain. Di dalam game labirin terdapat banyak pilihan jalan dan dibatasi oleh tembok, sehingga diperlukan suatu algoritma pencarian jalur yang optimal.Iterative Deepening A* (IDA*) adalah salah satu algoritma pathfinding dimana dalam penerapannya pada game labirin digunakan untuk mendapatkan jalur terpendek dari posisi musuh ke posisi pemain. Pencarian pada algoritma IDA* dilakukan secara iteratif. Hal ini menyebabkan banyaknya proses ekspansi simpul dan waktu eksekusi menjadi lama.Untuk mengatasi masalah tersebut ditambahkan sebuah fitur yaitu Stochastic Node Caching (SNC). SNC menambahkan paramater yaitu inputan cache (M) dan probabilitas (p) yang digunakan untuk mengurangi waktu eksekusi IDA*. Dalam penelitian ini algoritma IDA* dan IDA* SNC akan diimplementasikan ke dalam musuh pada game labirin berbasis desktop. Game labirin ini terdapat 3 kerumitan labirin, dimana terdapat jumlah tembok penghalang berbeda. Dari hasil pengujian di yang dilakukan di tiap kerumitan labirin dapat disimpulkan bahwa musuh yang menggunakan algoritma IDA* SNC menghasilkan solusi optimal dengan jumlah ekspansi simpul yang lebih sedikit dan waktu pencarian yang lebih cepat dari musuh yang menggunakan algoritma IDA*. Posisi pemain dan musuh juga akan mempengaruhi jumlah ekspansi simpul.Semakin jauh jarak antara pemain dan musuh, maka akan semakin banyak simpul yang diekspansi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Game labirin, Pencarian Jalur, Iterative Deepening A* (IDA*), Stochastic Node Caching (SNC)
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika > 2014
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:10
Last Modified: 16 Nov 2016 08:10
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/29158

Actions (login required)

View Item View Item