Analisis Perbandingan Algoritma Ant Colony Optimization System Dengan Algoritma Genetika Untuk Mencari Langkah Optimal Dalam Penyelesaian Permainan Sudoku

Nursadi, Candi (2014) Analisis Perbandingan Algoritma Ant Colony Optimization System Dengan Algoritma Genetika Untuk Mencari Langkah Optimal Dalam Penyelesaian Permainan Sudoku.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Sudoku merupakan permainan teka-teki silang angka, dimana setiap baris dan kolom harus diisi dengan angka-angka dengan aturan tertentu. Sudoku terdiri dari kisi persegi yang disebut grid berukuran 9x9 (9 baris x 9 kolom) yang dibagi menjadi sembilan bagian yang disebut subgrid berukuran 3x3. Teka-teki Sudoku menyediakan beberapa angka pada posisi acak sebagai patokan untuk menyelesaikan keseluruhan teka-teki tersebut.Kotak yang kosong harus diisi dengan angka unik dari 1 sampai 9 yang masing-masing hanya muncul sekali dalam setiap baris, kolom, dan region (subgrid 3x3).Salah satu algoritma yang dapat digunakan untuk menyelesaikan permainan Sudoku adalah algoritma ant colony optimization (ACO) system dan algoritma genetika. Algoritma ACO system merupakan algoritma yang mengadaptasi cara kerja koloni semut yang bekerja sama melalui komunikasi tidak langsung dengan menggunakan pheromone yang diletakkan pada daerah yang dilaluinya. Algoritma genetika merupakan algoritma yang bekerja berdasarkan seleksi dan genetika alam dengan memilih individu terbaik dari sebuah populasi individu dan melakukan rekombinasi antar individu untuk membangkitkan individu baru yang diharapkan lebih baik dari individu sebelumnya.Kedua algoritma tersebut dilakukan analisis sehingga diketahui cara kerja dan performansi dalam kecepatan dan ketepatan.Kesimpulan diperoleh berdasarkan implementasi dan pengujian, algoritma ACO system lebih unggul daripada algoritma genetika dalam hal kecepatan dan ketepatan, maka algoritma ACO system lebih cocok digunakan untuk mencari langkah optimal dalam penyelesaian permainan Sudoku.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Algoritma, Ant Colony Optimization System, Genetika, Sudoku, Puzzle
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika > 2014
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:10
Last Modified: 16 Nov 2016 08:10
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/29169

Actions (login required)

View Item View Item