Membangun Game Edukasi Pintar Struktur Bahasa Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Indonesia

Asprianto, Daun (2014) Membangun Game Edukasi Pintar Struktur Bahasa Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Indonesia. Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Bahasa Indonesia memegang peranan sangat penting dalam kehidupan bermasyarakat, begitu pula dalam pendidikan anak. Pada umumnya anak pedesaan memperoleh masukan Bahasa Indonesia saat memasuki usia sekolah dasar. Akibat Bahasa Indonesia yang baru diperkenalkan pada usia tersebut, anak-anak memiliki kesulitan memahami ilmu pengetahuan yang diberikan. Game edukasi adalah game yang khusus dirancang untuk mengajarkan user suatu pembelajaran tertentu, pengembangan konsep dan pemahaman dan membimbing anak-anak, serta memotivasi mereka untuk memainkannya. Game bisa jadi menjadi sebuah media edukasi baru untuk mengenalkan dan mengajarkan materi penggunaan kalimat dan antonim sinonim. Metode pembangunan perangkat lunak menggunakan model waterfall dan tools pemodelan menggunakan Unified Modeling Language (UML). Sedangkan pada tahapannya penelitian ini mengambil langkah awal dengan cara menganalisis game sejenis yang didalamnya meliputi storyline, gameplay, serta komponen-komponen pendukung dan analisis algoritma fisher-yates shuffle yang digunakan untuk pengacakan kata. Setelah proses analisis selesai maka dilanjutkan ke tahap pembangunan perangkat lunak. Adapun tools yang dibutuhkan untuk proses membangunnya antara lain Adobe Flash CS6, Adobe Photoshop dengan bahasa pemrograman yang dipakai yaitu action script 3.0. Setelah melalui tahap implementasi dan pengujian, hasil yang didapat bahwa game edukasi pintar struktur bahasa dapat digunakan sebagai salah satu media interaktif pembelajaran bahasa indonesia dan untuk membantu memudahkan siswa dalam mata pelajaran bahasa indonesia khususnya pada materi penggunaan kalimat, menggunakan kata-kata bersinonim dan berantonim.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Game Edukasi, Struktur Bahasa, Fisher-Yates Shuffle
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika > 2014
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:10
Last Modified: 16 Nov 2016 08:10
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/29172

Actions (login required)

View Item View Item