Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Terhadap Kelompok Acuan Serta Dampaknya Pada Keputusan Pembelian Tas Exsport Pada PT. Eksonindo Multi Product Industry di Bandung

Wijayati, Utari (2014) Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Terhadap Kelompok Acuan Serta Dampaknya Pada Keputusan Pembelian Tas Exsport Pada PT. Eksonindo Multi Product Industry di Bandung.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh timbulnya persaingan di bidang fashion yang penjualannya mengikuti trend yang sedang berlangsung pada periode tertentu, sehingga naik turunnya penjualan tidak dapat diprediksi secara tepat. Bisnis di bidang fashion semakin berkembang, termasuk salah satunya tas. Saat ini tas tidak hanya digunakan sebagai nilai fungsinya saja tetapi juga merupakan pelengkap fashion. Dengan hal ini PT. Eksonindo Multi Product Industry harus bersaing dengan pesaingnya dengan merek tas lainnya seperti Alto, Exsport, Elizabeth dan JanSport terutama dari segi kualitas dan harga. PT. Eksonindo Multi Product Industry mengalami kenaikan volume penjualan yang masih dibawah target yang diharapkan. Menurut survey dari segi kualitas, tas Exsport masih kurang memenuhi harapan konsumen. Harga yang tertera pada katalog juga tidak sesuai dengan harga yang tertera pada label. Sehingga kelompok acuan kurang berpengaruh dalam menyampaikan informasi terhadap komunitasnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas produk, harga dan kelompok acuan terhadap keputusan pembelian tas Exsport.Kuesioner disebarkan kepada 125 responden di 2 toko dan 3 stand Exsport yang ada di Bandung. Metode analisis pada yang digunakan path analysis dengan menggunakan software Lisrel Ver. 8.8. Pada pengolahan path analysis terdapat dua substruktural.Dari hasil uji t, kualitas produk, dan kelompok acuan berpengaruh terhadap keputusan pembelian. Namun, harga tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian. Sehingga dalam penelitian ini, keputusan pembelian tas Exsport tidak dipengaruhi oleh harga. Konsumen lebih cenderung dipengaruhi oleh kualitas produk dan kelompok acuan dalam keputusan membeli tas Exsport.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Kualitas Produk, Harga, Kelompok Acuan, Keputusan Pembelian
Subjects: S2 Thesis > Magister Manajemen > 2014
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Perpustakaan UNIKOM
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:10
Last Modified: 16 Nov 2016 08:10
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/29177

Actions (login required)

View Item View Item