Sistem Informasi Absensi dan Penggajian Pada Koperasi Pegawai Republik Indonesia (KPRI) Dinas Kesehatan Kabupaten Bandung

Permana, Ivan (2014) Sistem Informasi Absensi dan Penggajian Pada Koperasi Pegawai Republik Indonesia (KPRI) Dinas Kesehatan Kabupaten Bandung.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Koperasi Pegawai Republik Indonesia (KPRI) Dinas Kesehatan Kabupaten Bandung berdiri sudah sejak tahun 1984, didirikan atas gagasan dari dokter-dokter yang saat itu masih bernama Dinas Kesehatan yang kemudian berubah nama menjadi Koperasi Pegawai Republik Indonesia (KPRI). Anggota KPRI Kesehatan waktu itu berjumlah 140 orang, yaitu seluruh pegawai negeri yang bekerja di Dinas Kesehatan dan jajarannya se Kabupaten Bandung. Pada koperasi pegawai republik indonesia (KPRI) ini, proses manajemen absensi dan penggajiannya masih dilakukan secara manual. Untuk proses absensi, masih dilakukan dengan menulis data kehadiran di buku besar yang kemudian setiap bulannya data kehadiran tersebut akan diinputkan ke Microsoft office oleh bagian admin untuk laporan absensi. Sama halnya dengan proses penggajian, proses penggajian pun masih dilakukan secara manual yaitu dengan pembukuan. Hal tersebut seringkali membuat bagian admin merasa kurang yakin dalam perhitungan gaji, yang mengakibatkan lamanya proses pembuatan laporan penggajian.Metode penelitian yang digunakan adalah metode pendekatan sistem objek, dengan menggunakan metode pengembangan prototype, dengan tahapan dimulai dari pengumpulan kebutuhan pengguna sistem, perancangan perangkat lunak, evaluasi prototype oleh pengguna sistem. Perangkat lunak pendukung yang digunakan yaitu Microft Windows 7, JDK 7, Netbeans 7.3, XAMPP (Web Server), dan database MySQL.Sistem informasi absensi dan penggajian berbasis java desktop ini adalah hasil dari penelitian. Dengan sistem informasi ini, pimpinan perusahaan dan pegawai dapat dengan mudah mengolah data pegawai, data absensi, data penggajian, dan data kasbon secara cepat, tepat, dan akurat. Dengan begitu pekerjaan pun akan lebih cepat.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: sistem informasi, absensi, penggajian, kasbon
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Manajemen Informatika > Sistem Informasi > 2014
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Sistem Informasi (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:10
Last Modified: 16 Nov 2016 08:10
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/29208

Actions (login required)

View Item View Item