Integrasi Aplikasi Pengelolaan Penjualan, Persediaan Barang, dan Pencatatan Akuntansi Berbasis Web Intranet pada PT. Tamara Munawarah

Arif Komarudin, Muhamad (2014) Integrasi Aplikasi Pengelolaan Penjualan, Persediaan Barang, dan Pencatatan Akuntansi Berbasis Web Intranet pada PT. Tamara Munawarah.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Pada awalnya Zhaqina Collection, Raudha Medina, Nakhla,dan Nadika merupakan brand usaha yang terpisah yang dimiliki oleh beberapa orang yang masih dalam satu lingkup keluarga. Dan seiring berjalannya waktu serta dengan tujuan untuk memperbesar dan meluaskan usaha masing-masing pemilik dari keempat brand tersebut yaitu Zhaqina Collection, Raudha Medina, Nakhla,dan Nadika bersepakat untuk melebur menjadi satu dalam sebuah PT yaitu PT Tamara Munawarah. Dalam menjalankan roda bisnisnya awalnya masing-masing brand tersebut mengandalkan cara manual untuk melakukan semua proses bisnisnya. Seperti, pencatatan penjualan, persediaan barang, dan laporan akuntansi masih dilakukan secara manual dengan menggunakan Microsoft excel (MS.Excel). Sadar akan semakin luas dan kompleksnya informasi yang harus mereka olah. PT Tamara Munawarah membutuhkan sebuah aplikasi, yaitu sebuah aplikasi yang dapat mengolah data-data vital seperti pengelolaan transaksi penjualan, pengelolaan persediaan barang, pengintegrasian antara transaksi penjualan beserta pengelolaan persediaan dengan pencatatan akuntansi, dimana tujuannya dengan adanya sistem tersebut efektifitas dan efisiensi dalam manajemen dan pelayanan terhadap konsumen dapat tercapai. Proses pengembangan aplikasi ini menggunakan metodologi waterfall dengan pendekatan terstruktur oleh karena itu alat bantu dalam analisis dan perancangan sistem yang digunakan adalah DFD (Data FlowDiagram) dan pemodelan database menggunakan ERD (Entitiy Relationship Diagram). Untuk metode akuntansi yang digunakan aplikasi ini menggunakan metode perpetual. Proses pengembangan aplikasi ini akan menghasilakan sebuah aplikasi yang terintegrasi antara penanganan penjualan, pengelolaaan persediaan barang dan pencatatan akuntansi yang diharapkan dapat membantu proses bisnis yang terjadi pada PT Tamara Munawarah.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Aplikasi, PT Tamara Munawarah
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Manajemen Informatika > Sistem Informasi > 2014
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Sistem Informasi (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:10
Last Modified: 16 Nov 2016 08:10
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/29254

Actions (login required)

View Item View Item