Sistem Informasi Pengelolaan Data Zakat, Infak dan Shadaqah di Unit Pengumpulan Zakat Pusat Dakwah Islam (UPZ PUSDAI) Jawa Barat Berbasis Client Server

Wiguna, Indar (2014) Sistem Informasi Pengelolaan Data Zakat, Infak dan Shadaqah di Unit Pengumpulan Zakat Pusat Dakwah Islam (UPZ PUSDAI) Jawa Barat Berbasis Client Server.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

ZIS adalah singkatan dari zakat, infak dan shadaqah merupakan tiga hal yang sering digunakan oleh masyarakat muslim untuk beramal melalui harta bendanya. Salah satu lembaga yang menjembatani dari pengurusan amalan tersebut adalah Unit Pengumpulan Zakat ( UPZ ) Pusdai. Dimana tugas dari unit ini adalah mengumpulkan serta menyalurkan titipan berupa barang ataupun dana dari para muzaki kepada para mustahik. Namun dalam hal pencatattan serta pengolahan data penitipan dan penyaluran saat ini masih berupa arsip yang dilakukan secara manual sehingga memungkinkan file hilang atau rusak. Selain itu juga kelemahan dari proses manual ini adalah kesulitan dalam hal pencarian sehingga menyebabkan pembuatan laporan memerlukan waktu yang relatif lama. Oleh karena itu dibutuhkan sebuah sisten informasi yang dapat memecahkan masalah terhadap sistem yang sedang berjalan sekarang. Metode pengembangan perangkat lunak yang digunakan ialah Prototype, dimana pengembangan sistem ini menggunakan pendekatan dengan cara membuat sesuatu program dengan cepat dan bertahap sehingga dapat segera dievaluasi oleh pemakai (user). Serta pendekatan yang dilakukan menggunakan pendekatan secara terstruktur, dengan alat bantu pemodelan berupa flowmap, diagram konteks, data flow diagram (DFD) dan entity relationship diagram (ERD). Dan dibantu dengan pengujian perangkat lunak menggunakan metode black box testing. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa sistem informasi pengelolaan data zakat, infak dan shadaqah berbasis client server ini dapat membantu petugas dalam hal pengelolaan data penitipan, proposal serta penyaluran baik itu dana ataupun barang, selain itu juga sistem ini dapat menjembatani proses pengiriman data didalam intern Unit Pengumpulan Zakat yang ada di Pusat Dakwah Islam Jawa Barat.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Sistem Informasi, Zakat, Infak, Shadaqah, Client Server
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Manajemen Informatika > Sistem Informasi > 2014
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Sistem Informasi (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:10
Last Modified: 16 Nov 2016 08:10
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/29262

Actions (login required)

View Item View Item