Desain Prategang Pada Balok Jembatan Dengan Metode Pracetak Segmental Komposit (Studi Kasus Pada Jembatan Sonde I di Ngawi Jawa Timur)

Mulianti, (2002) Desain Prategang Pada Balok Jembatan Dengan Metode Pracetak Segmental Komposit (Studi Kasus Pada Jembatan Sonde I di Ngawi Jawa Timur).

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Kemampuan utama dari beton prategang adalah dalam hal menahan beban luar (lentur dan geser) yang relatif besar. Untuk jembatan dengan bentang yang relatif panjang digunakan sistem segmental. Tujuan studi ini untuk menentukan dimensi gelagar induk dengan memakai balok segmental.Analisa desain balok memakai prategang penuh (full prestressing). Perhitungan statika dengan sistem mekanika balok sederhana. Panjang balok segmental direncanakan 6 meter dengan panjang bentang 36 meter, total panjang jembatan 108 meter, lebar total jembatan 7 meter dipakai untuk lalu lintas dua jalur, jumlah gelagar induk 4 buah dengan jarak antar gelagar 1,83 meter. Mutu beton untuk plat 25 MPa sedangkan untuk balok 50 MPa. Kehilangan gaya prategang yang dianalisa adalah akibat gesekan kabel dengan duct, slip angker (draw-in) pada waktu penarikan, susut, rangkak dan deformasi elastisitas pada beton, serta relaksasi pada baja prategang.Dari hasil desain diperoleh dimensi balok prategang bentuk penampang I tidak simetris dengan lebar sayap bagian atas 80 cm, tebal badan 20 cm, lebar sayap bagian bawah 70 cm, tinggi total 170 cm, digunakan tulangan konvensional dengan diameter 16 mm. Tendon yang digunakan dari sistem Freyssinet dengan jumlah tendon 3 buah, tiap tendon terdiri dari 19 strand dengan Po = 9405 kN dan Peff = 7524 kN. Lintasan tendon berbentuk parabola. Untuk balok diafragma jumlah balok 9 buah, tinggi 80 cm, tebal 20 cm, panjang 163 cm, jumlah tendon 1 buah dengan lintasan tendon lurus. Digunakan tulangan konvesional dengan diameter 16 mm. Kehilangan gaya prategang secara keseluruhan sebesar 17,54 %, panjang daerah end block 30 cm, dipakai tulangan diameter 22 mm dan type angkur 19K13.

Item Type: Article
Subjects: Collections > Koleksi Perpustakaan Di Indonesia > Perpustakaan Di Indonesia > JIPTUMM > S1-Final Project > Dept. Of Civil Engineering > 2002 > Even Semester
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Perpustakaan UNIKOM
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 07:37
Last Modified: 16 Nov 2016 07:37
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/2927

Actions (login required)

View Item View Item