Perancangan dan Implementasi Chillispot Untuk Autentikasi, Otorisasi dan Akutansi Menggunakan Server Radius (Studi Kasus : Kejaksaan Negeri Bale Bandung)

Sapara, Sutarsa (2014) Perancangan dan Implementasi Chillispot Untuk Autentikasi, Otorisasi dan Akutansi Menggunakan Server Radius (Studi Kasus : Kejaksaan Negeri Bale Bandung).

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Kejaksaan Negeri Bale Bandung sebagai salah satu instansi pemerintah berperan sebagai organisasi penegak hukum di Indonesia,dimana Instansi tersebut tentunya membutuhkan Internet agar kegiatan operasional dan non operasional seperti pertukaran dan pencarian data/informasi dari berbagai bidang penanganan kasus. Akses Internet pada Kejaksaan Negeri Bale Bandung tidak memiliki pengaturan pengguna sehingga jumlah penggunanya tentu akan berpengaruh terhadap kapasitas bandwidth yang ada. Untuk menjaga hak akses bagi pengguna yang bukan pegawai Kejaksaan perlu dilakukan autentikasi user untuk mengenali siapa pengguna akses Internet.Dengan mengimplementasikan Chillispot sebagai captive portal dan menggunakan Server RADIUS dapat menyediakan mekanisme keamanan dengan menangani autentikasi, otorisasi dan akutansi. Dalam uji implementasi sistem yang dilakukan langsung oleh pengguna yaitu dengan proses login, pengguna diharuskan memberikan identitas berupa username dan password (autentikasi), kemudian pengguna akan memperoleh hak akses Internet di Kejaksaan Negeri Bale Bandung. Disisi administrator, dapat melihat dan memantau data statistik (akutansi) durasi atau waktu akses dari pengguna.Dari hasil pengujian yang dilakukan, maka Chillispot dapat membatasi pengguna yang tidak berhak, serta Server RADIUS dapat mencatat aktivitas dari pengguna.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Chillispot, ServerRADIUS
Subjects: D3 Tugas Akhir > Teknik Komputer > 2014
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Perpustakaan UNIKOM
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:10
Last Modified: 16 Nov 2016 08:10
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/29290

Actions (login required)

View Item View Item