Aplikasi Data Mining Untuk Menampilkan Informasi Hubungan Kategori Kelulusan Dengan Nilai Mahasiswa Menggunakan Algoritma Apriori (Studi Kasus di Jurusan Sistem Komputer Universitas Komputer Indonesia)

Astuti Purba, Sri (2014) Aplikasi Data Mining Untuk Menampilkan Informasi Hubungan Kategori Kelulusan Dengan Nilai Mahasiswa Menggunakan Algoritma Apriori (Studi Kasus di Jurusan Sistem Komputer Universitas Komputer Indonesia).

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Penumpukan data merupakan salah satu akibat dari pertumbuhan teknologi dan perkembangan informasi yang begitu pesat, tumpukan data ini jika tidak dikelola dengan benar akan menjadikan suatu informasi menjadi sulit dipahami. Perguruan tinggi tentu saja mengalami penumpukan data, hal ini terjadi karena jumlah mahasiswa yang bertambah setiap tahunnya, sehingga data menumpuk dan menjadi sulit dianalisa. Data mining adalah proses mencari pola atau informasi menarik dalam data terpilih dengan menggunakan teknik atau metode tertentu, dengan penggunaan teknik data mining diharapkan dapat menampilkan data-data yang sebelumnya tersembunyi di dalam gudang data menjadi informasi yang berharga. Teknik-teknik ini tentu bervariasi dan disesuaikan dengan kebutuhan analisis data, salah satu metode yang sering digunakan adalah Asosiasi, yaitu metode yang digunakan untuk menemukan hubungan diantara data atau bagaimana suatu kelompok data mempengaruhi suatu keberadaan data lain. Apriori adalah algoritma Asosiasi yang menggunakan pengetahuan frekuensi atribut yang telah diketahui sebelumnya untuk memproses informasi selanjutnya. Dengan memanfaatkan data akademik dan data kelulusan mahasiswa akan dicari persentase hubungan nilai mata kuliah terhadap kategori kelulusan menggunakan data mining. Kategori kelulusan diukur dari lama studi dan IPK, sedangkan data akademik yang digunakan adalah nilai mata kuliah mahasiswa. Informasi yang ditampilkan berupa nilai support (Nilai Penunjang) dan confidence (Nilai Kepastian).

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Data Mining, Asosiasi, Apriori, Support dan confidence
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Komputer > Sistem Komputer > 2014
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Komputer (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:10
Last Modified: 16 Nov 2016 08:10
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/29293

Actions (login required)

View Item View Item