Analisis Hubungan Modal Kerja Dengan Tingkat Pengembalian Aset Pada Koperasi Simpan Pinjam Rukun Mekar Periode 2004 - 2013

Noviana, Lina (2014) Analisis Hubungan Modal Kerja Dengan Tingkat Pengembalian Aset Pada Koperasi Simpan Pinjam Rukun Mekar Periode 2004 - 2013. Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Modal kerja mempunyai hubungan yang erat dengan kegiatan operasi sehari-hari, karena selalu dibutuhkan untuk pembelanjaan kegiatan koperasi secara terus menerus. Modal kerja yang cukup, memungkinkan bagi koperasi untuk beroperasi seekonomis mungkin dan koperasi tidak mengalami kesulitan atau menghadapi bahaya-bahaya yang mungkin timbul karena ada krisis atau kekacauan keuangan. Kelangsungan hidup (going Corcern) koperasi dipengaruhi oleh banyak hal, antara lain profitabilitas perkoperasian itu sendiri. Tujuan yang paling mendasar dari operasi perkoperasian adalah memperoleh laba yang optimal. Salah satu indikator keberhasilan suatu koperasi adalah tingkat pengembalian aset (ROA). Tingkat pengembalian aset (ROA) yaitu tingkat profitabilitas yang dikaitkan dengan penggunaan asset. Kedua variabel penelitian ini pada umumnya dianggap memiliki hubungan satu sama lainnya antara modal kerja (variabel X atau variabel independen), dengan tingkat pengembalian aset (ROA) sebagai variabel Y (variabel dependn).Penelitian ini dilakukan di Koperasi Rukun Mekar Bandung, dengan menggunakan data laporan keuangan pada periode 2004 - 2013, pengambilan data menggunakan teknik pengumpulan data secara time series yaitu pengumpulan data secara berkala/ per tahun. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif verifikatif, dengan melakukan pengujian hipotesis. Hasil penelitian menunjukan bahwa modal kerja tidak memiliki hubungan yang signifikan dengan tingkat pengembalian aset (ROA) dengan menggunakan alpha 5%. berdasarkan analisis korelasi mengindikasikan bahwa modal kerja memiliki hubungan negatif (berbanding terbalik) dengan tingkat pengembalian aset yaitu, jika modal kerja meningkat maka tingkat pengembalian aset menurun.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Modal kerja, Tingkat Pengembalian Aset
Subjects: D3 Tugas Akhir > Keuangan Perbankan > 2014
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Perpustakaan UNIKOM
Depositing User: Admin Repository
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:10
Last Modified: 16 Nov 2016 08:10
URI: http://repository.unikom.ac.id/id/eprint/29299

Actions (login required)

View Item View Item