Audit Pengendalian Internal Terhadap Fungsi Penjualan E-Ticketing Dengan Menggunakan Kerangka Kerja Cobit 4.1 Pada Travel Bimo Trans Cabang Dipatiukur Bandung

Solehudin, (2016) Audit Pengendalian Internal Terhadap Fungsi Penjualan E-Ticketing Dengan Menggunakan Kerangka Kerja Cobit 4.1 Pada Travel Bimo Trans Cabang Dipatiukur Bandung. Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Pemanfaatan Teknologi Informasi sebagai pendukung, pencapaian, tujuan, dan sasaran organisasi harus diimbangi dengan keefektifan dan efisiensi pengelolaannya. Maka dari itu, audit TI haruslah dilakukan untuk menjaga keamanan sistem informasi sebagai aset organisasi, untuk mempertahankan integritas informasi yang disimpan dan diolah dan tentu saja untuk meningkatkan keefektifan penggunaan teknologi informasi serta mendukung efisiensi dalam organisasi. Penelitian ini dilakukan di perusahaan travel Bimo Trans cabang dipatiukur Bandung. Penelitian ini bertujuan mengevaluasi kegiatan operasional terkait proses pengendalian internal atas fungsi penjualan E-ticketing pada Travel Bimo Trans cabang dipatiukur Bandung.Kerangka kerja yang digunakan sebagai acuan adalah COBIT 4.1 dengan membatasinya pada proses TI yang dipilih berdasarkan tingkat kepentingan dengan menghitung skala prioritas domain dan proses TI terlebih dahulu dengan metode pengukuran skala prioritas AHP (Analytical Hierarchy Process), sehingga didapat sebuah rekomendasi untuk manajemen TI yang lebih baik lagi. Dari penelitian ini, diperoleh kesimpulan bahwa TI pada Perusahaan Travel Bimo Trans Cabang Dipatiukur Bandung dalam skala maturity level adalah skala 2 (dapat diulang). Hal ini menunjukan bahwa Perusahaan Travel Bimo Trans Cabang Dipatiukur Bandung sudah mengadakan pelatihan khusus pihak menejemen TI akan kebutuhan pengembangan layanana sistem secara berkesinambungan serta pengujian dan pelatihan bagi pengguna. Tanggung jawab pengembangan dan penguian layanan diserahkan kepada divisi TI pada Perusahaan Travel Bimo Trans Cabang Dipatiukur Bandung namun masih secara informal. Prosedur pengembangan dan pengujian TI belum lengkap serta pelatihan bagi pengguna tersedia namun dilakukan secara umum.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: E-Ticketing, Cobit 4.1, Maturity Level
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Manajemen Informatika > Sistem Informasi > 2015
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Sistem Informasi (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:10
Last Modified: 16 Nov 2016 08:10
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/29307

Actions (login required)

View Item View Item