Pemodelan Tingkat Pencemaran Sistem Pendukung Keputusan Dalam Pengelolaan Kualitas Air dan Pengendalian Pencemaran Sungai Citarum

Dwiguna Sumitra, Irfan (2014) Pemodelan Tingkat Pencemaran Sistem Pendukung Keputusan Dalam Pengelolaan Kualitas Air dan Pengendalian Pencemaran Sungai Citarum. Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Sungai Citarum merupakan sungai yang mengalir sepanjang wilayah administrasi Jawa Barat. Selama dua tahun terakhir pencemaran di sungai Citarum semakin meningkat. Pencemaran tidak hanya berasal dari limbah industri tetapi juga dari limbah domestik yang berada di sepanjang sungai Citarum. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan status mutu air di sungai Citarum ditinjau dari peruntukannya yang hasilnya dapat digunakan oleh pengambil kebijakan baik pemerintah daerah maupun pemerintah pusat untuk mencegah pencemaran semakin memburuk. Penentuan status mutu air di sungai Citarum dilakukan di 4 (empat) lokasi pengamatan yaitu sungai Citarum Majalaya, Citarum Dayeuh Kolot, Citarum Tanjungpura dan Cibeet Siphon. Metode yang digunakan untuk penentuan status mutu air ini adalah metode STORET dan metode Indeks Pencemaran (berdasarkan Keputusan Menteri Lingkungan Hidup No. 115 Tahun 2003). Analisis penentuan status mutu air ini bertujuan untuk mengetahui tingkat pencemaran pada lokasi pengamatan. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan, status mutu air di sungai Citarum menurut metode STORET berada dalam status Cemar Sedang untuk peruntukan kelas II, sedangkan status mutu di sungai Citarum menurut metode Indeks Pencemaran berfluktuasi dari Cemar Ringan, Sedang hingga Berat untuk peruntukan kelas II.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Status Mutu Air, Metode STORET, Metode Indeks Pencemaran, Sungai Citarum
Subjects: S2 Thesis > Magister Sistem Informasi > 2014
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Perpustakaan UNIKOM
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:10
Last Modified: 16 Nov 2016 08:10
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/29332

Actions (login required)

View Item View Item