Pembangunan Aplikasi Augmented Reality Virtual Shalat Dengan Metode Marker Based Tracking Pada Platform Android di CV.Toobagus Publishing

Santika, Agus (2014) Pembangunan Aplikasi Augmented Reality Virtual Shalat Dengan Metode Marker Based Tracking Pada Platform Android di CV.Toobagus Publishing.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

CV.Toobagus Publishing merupakan perusahaan yang bergerak pada bidang penerbit dan percetakan buku, khususnya buku tentang pendidikan islam. Salah satu yang menjadi tantangan bagi industri buku khususnya CV. Toobagus Publishing dalam beberapa tahun terakhir adalah sangat berkembangnya peran teknologi informasi, hingga saat ini Toobagus Publishing telah menerbitkan banyak buku dengan berbagai bidang ilmu seperti Fiqih, Bahasa Arab, Siroh (sejarah) dan Tafsir Alqur��an. Dari hasil riset penelitian yang dilakukan di CV.Toobagus Publishing tentang produksi penerbitan buku, dimana sampai saat ini buku-buku mengalami penurunan peminat, karena buku tersebut tergusur oleh ebook ataupun masalah kurangnya peminat pada buku. Dengan menerapkan teknologi Augmented Reality pada buku sebagai media bantu yang bertujuan untuk menggabungkan antara dunia nyata dengan dunia virtual, sehingga penyampaian informasi dapat diperjelas dengan menambahkan objek animasi 3D maupun video animasi.Berdasarkan hasil pengujian alpha, betha dan pengujian akurasi yang telah dilakukan dapat ditarik kesimpulan bahwa sistem bebas dari kesalahan sintaks dan secara fungsional mengeluarkan hasil yang sesuai dengan yang diharapkan. Pengujian betha dapat ditarik kesimpulan bahwa sistem yang dibangun mudah digunakan (user friendly), bermanfaat dan dapat membantu pengguna dalam mendapatkan informasi pada buku yang dilengkapi media bantu android, hal ini sesuai dengan persentase jawaban setiap pengguna atau responden terhadap pertanyaan (kuesioner) yang telah disebarkan.Sedangkan pengujian keakurasian dapat disimpulan bahwa ada beberapa faktor yang mempengaruhi tidak munculnya suatu data yang ditampilkan, diantaranya arah sudut pandang serta jarak pengambilan gambar.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Shalat, augmented reality, android, marker based tracking
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika > 2014
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:10
Last Modified: 16 Nov 2016 08:10
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/29336

Actions (login required)

View Item View Item