Pembangunan Aplikasi Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) SD Kelas 4

Resty Puspanuari Supriadi, Chris (2014) Pembangunan Aplikasi Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) SD Kelas 4. Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) atau Sains merupakan pengetahuan manusia tentang gejala-gejala alam dan kebendaan yang diperoleh dengan cara observasi, eksperimen atau penelitian, atau uji coba yang berdasarkan pada hasil pengamatan manusia. Aspek pokok dalam pembelajaran IPA, khususnya di Sekolah Dasar adalah siswa dapat menyadari keterbatasan pengetahuannya, memiliki rasa ingin tahu untuk menggali berbagai pengetahuan baru, dan akhirnya dapat mengaplikasikannya dalam kehidupannya masing-masing. Proses pembelajaran IPA di SDN 2 Selabintana khususnya di kelas 4, saat ini mengalami beberapa masalah, yaitu siswa yang sedang belajar di kelas kadang tidak fokus pada materi yang diajarkan karena bosan dan kurang menarik yang menyebabkan penurunan minat belajar siswa. Selain itu, proses pencernaan materi pembelajaran untuk setiap siswa berbeda-beda, tidak sedikit siswa yang memang tidak mengerti sama sekali apa yang dijelaskan oleh guru. Oleh karena itu, dibutuhkan bantuan media pembelajaran yang interaktif yang dapat meningkatkan minat belajar dan pemahaman siswa.Pembelajaran Berbantuan Komputer merupakan salah satu media teknologi pembelajaran khususnya untuk memberikan suasana baru dalam belajar dengan menjelaskan konsep yang sederhana dengan penggabungan visual audio menggunakan model tutorial. Pembangunan Aplikasi Pembelajaran ini harus melalui tahapan sesuai dengan metode pengembangan yang dipilih yaitu metode waterfall dan melakukan pengujian sistem yaitu dilakukannya pengujian black box yang berfokus pada persyaratan fungsional perangkat lunak.Berdasarkan hasil pengujian yang dilakukan maka dapat diperoleh kesimpulan bahwa aplikasi ini sudah memenuhi kriteria media pembelajaran yang baik yaitu memberikan pembelajaran yang sesuai dengan pembelajaran di kelas seperti biasanya dalam bentuk teknologi pembelajaran. Aplikasi pembelajaran ini juga dapat meningkatkan minat belajar siswa juga meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi mata pelajaran IPA di kelas 4.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Berbantuan Komputer, Aplikasi Edukasi, Ilmu Pengetahuan Alam, Teknologi Pendidikan, Sekolah Dasar
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika > 2014
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:10
Last Modified: 16 Nov 2016 08:10
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/29343

Actions (login required)

View Item View Item