Implementasi Algoritma Minimax Untuk Menentukan Langkah NPC Dalam Mengambil Keputusan Pada Permainan Domino

Rachmat Kurnia, Iman (2014) Implementasi Algoritma Minimax Untuk Menentukan Langkah NPC Dalam Mengambil Keputusan Pada Permainan Domino. Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Domino merupakan sebuah permainan yang menggunakan balok-balok dimana pada kedua sisi memiliki nilai berupa tanda lubang berwarna hitam yang menyatakan nilainya dari 0 sampai dengan 6. Berdasarkan penelitian yang dilakukan sebelumya oleh Hary Fernando dari Institut Teknologi Bandung dengan menerapkan algoritma brute force dan greedy. Pada persoalan kasusnya algoritma brute force pada permainan domino pemain hanya perlu meletakkan kartu domino dimana saja asalkan sesuai, sehingga dapat dikeluarkan tapi tidak peduli urutan atau hal-hal lain. Sedangkan penerapan algoritma greedy, jika kita telah mengeluarkan kartu dengan nilai terbesar yang kita miliki, hal tersebut belum menjamin bahwa kartu-kartu selanjutnya yang dikeluarkan akan mudah / cepat habis. Permainan yang dibangun berjudul domino, Algoritma yang digunakan menggunakan algoritma Minimax dengan metode pencarian Divide and Conquer. Data masukan yang dibutuhkan yaitu kartu dan waktu, struktur yang digunakan berupa array, metode analisis pembangunan perangkat lunak berorientasi objek menggunakan UML, dimana tahap-tahap perancangannya dimulai dari usecase diagram, activity diagram, class diagram dan sequence diagram.Berdasarkan hasil pengujian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa algoritma Minimax dengan metode pencarian divide and conquer dapat diterapkan untuk menentukan langkah NPC (Non Player Character) dalam mengambil keputusan. Algoritma Minimax adalah solusi untuk mencari langkah yang tepat dalam penentuan langkah, sehingga memperkecil peluang untuk kalah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Game Kartu, Domino, Minimax, Divide and Conquer
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika > 2014
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:10
Last Modified: 16 Nov 2016 08:10
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/29347

Actions (login required)

View Item View Item