Pembangunan Aplikasi Pengenalan Kupu-kupu Menggunakan Metode Markerless Augmented Reality Berbasis Mobile Studi Kasus Museum Serangga dan Taman Kupu-kupu di Taman Mini Indonesia Indah

Oktorian Sukardi, Yoki (2014) Pembangunan Aplikasi Pengenalan Kupu-kupu Menggunakan Metode Markerless Augmented Reality Berbasis Mobile Studi Kasus Museum Serangga dan Taman Kupu-kupu di Taman Mini Indonesia Indah.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Augmented Reality adalah sebuah istilah untuk lingkungan yang menggabungkan dunia nyata dan dunia virtual yang dibuat oleh komputer sehingga batas antara keduanya menjadi sangat tipis. Museum Serangga dan Taman kupu-kupu berdiri pada tanggal 20 April 1993 bertepatan dengan ulang tahun TMII ke-18. Terletak bersebelahan dengan Taman Aquarium Air Tawar. Koleksi museum terdiri sekitar 600 jenis serangga, didominasi oleh kupu-kupu (sekitar 250 jenis) dan kumbang (sekitar 200 jenis). kendala yang dihadapi oleh taman wisata kupu-kupu adalah keterbatasan informasi dan keakuratan informasi dari jenis kupu-kupu yang diberikan serta kurangnya yang bertugas sebagai pemandu untuk memberikan informasi lebih lengkap mengenai kupu-kupu yang ada di Museum serangga dan Taman Kupu-kupu.Dengan memanfaatkan teknologi augmented reality menggunakan metode markerless, penyampaian informasi yang didapat akan lebih menarik dan interaktif. Pada aplikasi ini, pemandu (guide) cukup mengarahkan smartphone-nya ke koleksi kupu-kupu yang diawetkan, kemudian akan muncul pada layar smartphone berupa informasi mengenai jenis kupu-kupu tersebut dalam bentuk video, animasi dan text.Berdasarkan pengujian dengan menggunakan kuisioner didapatkan hasil, bahwa para pengguna sangat setuju penggunaan aplikasi Pengenalan Kupu-kupu ini memudahkan pengguna untuk mendapatkan informasi yang interaktif sesuai dengan kupu-kupu yang telah ada.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Augmented Reality, Markerless, Taman Mini Indonesia Indah, aplikasi mobile
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika > 2014
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:10
Last Modified: 16 Nov 2016 08:10
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/29348

Actions (login required)

View Item View Item