Analisis dan Pembangunan Scorm Authoring Tool Sebagai Learning Content Management System

Yosua, Andry (2014) Analisis dan Pembangunan Scorm Authoring Tool Sebagai Learning Content Management System. Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

PT. Pinteraktif Media adalah sebuah perusahaan yang bergerak dalam bidang digital learning dengan membuat complex environment yang mampu meniru kondisi atau sistem pembelajaran. Solusi custom e-learning yang ditawarkan dapat berupa sound instructional design, visual communication, dan digital interaction serta mencerminkan context of training, audience profiles, performance goals, dan business objective. Beragamnya platform dan implementasi learning management system pada berbagai perusahaan menjadi kendala utama. Solusi konten digital yang diberikan harus mengikuti platform maupun implementasi learning management sistem perusahaan itu sendiri. Menangani, mengklasifikasi dan mengatur konten digital yang telah dibuat untuk berbagai perusahan juga tentu menjadi tantangan tersendiri. Komunikasi antara author yang membuat konten digital dan instructor yang menentukan tujuan pembelajaran sering kali terjadi kesalahpahaman, akibatnya efesiensi waktu, produktifitas, dan biaya pembuatan konten digital tidak maksimal.Metode LCMS menggunakan SCORM dipilih untuk konten digital dan mengelola konten digital. LCMS berfungsi untuk membuat (authoring tool), menyimpan, mengatur, dan menyajikan konten-konten digital e-learning. Metode analisis perangkat lunak yang digunakan adalah pemodelan analisis terstruktur. Alat pemodelan yang digunakan adalah flowmap, ERD (Entity Relationship Diagram), dan DFD (Data Flow Diagram).Berdasarkan hasil penelitian dan setelah dilakukannya pengujian alpha dan betha terhadap SCORM authoring tool sebagai learning content management system, kesimpulan yang dapat diambil yaitu aplikasi ini memudahkan proses pembuatan konten digital sesuai dengan tujuan pembelajaran. Sistem ini juga mampu mengelola konten digital dan memudahkan komunikasi antar penggunanya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: E-learning, SCORM, Authoring Tool, Learning Content Management System, Learning Management System
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika > 2014
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika (S1)
Depositing User: Admin Repository
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:10
Last Modified: 16 Nov 2016 08:10
URI: http://repository.unikom.ac.id/id/eprint/29389

Actions (login required)

View Item View Item