Prediksi Kemungkinan Hujan Menggunakan Sensor Berbasis Mikrokontroler

Permana, Galih (2014) Prediksi Kemungkinan Hujan Menggunakan Sensor Berbasis Mikrokontroler. Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Hujan adalah proses kondensasi uap air di atmosfer menjadi butir air yang cukup berat untuk jatuh dan biasanya tiba di daratan.akan tetapi kita sebagai manusia tidak bisa mengetahui kapan datangnya hujan, yang sering merepotkan manusia dalam mengeringkan pakaian. Pada pembuatan tugas akhir ini dibuatlah sistem prediksi kemungkinan hujan menggunakan sensor berbasis mikrokontroler. Alat monitoring yang digunakan menggunakan sistem operasi Android pada smartphone, dimana sistem operasi Android memiliki kelebihan sebagai alat komunikasi portabel dengan fitur pengembangan software yang baik. Sistem kendali yang dibangun menggunakan mikrokontroler ATmega328, sensor DHT11 sebagai pengukur suhu dan kelembaban, DT Sense Light Sensor sebagai pengukur kecerahan cahaya, dan anemometer sebagai pengukur kecepatan angin, modul WiFi WizFi210 sebagai komunikasi nirkabel antara smartphone dengan mikrokontroler. Hasil penelitian telah menghasilkan sebuah sistem yang dapat memonitoring dan memprediksikan kemungkinan hujan yang dapat menutup model atap rumah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Prediksi Kemungkinan Hujan, Monitoring Suhu, Monitoring Kelembaban, Monitoring Kecepatan Angin, Android
Subjects: D3 Tugas Akhir > Teknik Komputer > 2014
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Perpustakaan UNIKOM
Depositing User: Admin Repository
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:10
Last Modified: 16 Nov 2016 08:10
URI: http://repository.unikom.ac.id/id/eprint/29422

Actions (login required)

View Item View Item