Analisis Diksi dan Gaya Bahasa Figuratif Dalam Cerpen 蜘蛛の糸 (Kumo No Ito) Karya Akutagawa Ryuunosuke (Penelitian Stilistika dengan Pendekatan Analisis Isi)

Firdaus, Rinaldi (2014) Analisis Diksi dan Gaya Bahasa Figuratif Dalam Cerpen 蜘蛛の糸 (Kumo No Ito) Karya Akutagawa Ryuunosuke (Penelitian Stilistika dengan Pendekatan Analisis Isi).

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Cerpen adalah karya sastra, termasuk dalam jenis karya fiksi, yang menceritakan tentang sebuah peristiwa atau kejadian dengan segala permasalahannya dalam bentuk sebuah tulisan pendek. Dalam mencari makna yang terkandung dalam sebuah karya sastra, khususnya cerpen, tidaklah cukup jika hanya dilakukan dengan membaca cerita sampai habis lalu menyimpulkan makna tanpa mengamati kembali salah satu unsur stilistika yang digunakan dalam unsur intrinsik cerpen itu sendiri. Hal itu dikarenakan, bahasa di dalam cerpen mengandung diksi dan gaya bahasa, khususnya gaya bahasa figuratif, yang jika kita teliti bentuk dan fungsinya akan membuat kita lebih mudah dalam memahami maknasebuah cerpen. Unsur stilistika yang dimaksud yaitu unsur penggunaan gaya dalam berbahasa, yang didalamnya termasuk penggunaan diksi dan gaya bahasa. Sedangkan unsur intrinsik cerpen yang dimaksud adalah bahasa (dalam narasi maupun dialog). Penelitian ini membahas tentang analisis diksi dan gaya bahasa figuratif yang terkandung dalam sebuah cerpen Jepang 蜘蛛の糸 (Kumo No Ito) karya seorang cerpenis ternama, yaitu Akutagawa Ryuunosuke. Dalam penelitian stilistika terhadap cerpen Kumo No Ito ini ditemukan sebanyak empat diksi dan total 14 gaya bahasa figuratif yang terdiri dari 10 Simile, satu Metafora, satu Personifikasi, dan dua Antonomasia. Dapat diketahui bahwa diksi yang digunakan telah memaparkan gagasan utama cerita, dan pesan yang ingin disampaikan pengarang. Sedangkan fungsi dari penggunaan gaya bahasa figuratif yang digunakan adalah untuk memberikan bayangan tentang suasana dalam cerita di imaji pembaca.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Kumo No Ito, Diksi, dan Gaya BahasaFiguratif
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Sastra > Sastra Jepang > 2014
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Sastra
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Sastra > Sastra Jepang (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:10
Last Modified: 16 Nov 2016 08:10
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/29423

Actions (login required)

View Item View Item