Multimedia Interaktif "Katana Learning 1" Sebagai Media Ajar Alternatif Dalam Pembelajaran Bahasa Jepang Tingkat SMA/Sederajat (Buku Pelajaran Bahasa Jepang Sakura Jilid 2 Bab 21-Bab 26)

Gartika, Erzsa (2014) Multimedia Interaktif "Katana Learning 1" Sebagai Media Ajar Alternatif Dalam Pembelajaran Bahasa Jepang Tingkat SMA/Sederajat (Buku Pelajaran Bahasa Jepang Sakura Jilid 2 Bab 21-Bab 26).

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Bahasa Jepang merupakan bahasa yang banyak diminati oleh masyarakat Indonesia. Menurut hasil survey pada tahun 2012 yang dilakukan oleh Japan Foundation, Jumlah pembelajar bahasa Jepang terbanyak berdasarkan tingkat pendidikan adalah pembelajar bahasa Jepang tingkat sekolah menengah atas (SMA) dengan jumlah sebanyak 835.938 orang. Namun dalam proses belajar terdapat beberapa masalah yang terjadi salah satunya adalah siswa merasa jenuh dengan pengajaran atau pembelajaran menggunakan media text book. Oleh karena itu diperlukan inovasi dalam metode pengajaran dengan menggunakan media alternatif. Untuk itu penulis membuat media Katana Learning 1 yang merupakan media interaktif yang dibuat bersadarkan buku sakura jilid 2 untuk membantu guru dalam mengajarkan bahasa Jepang agar lebih menarik dan memotifasi siswa dalam mempelajari bahasa Jepang. Dalam penelitian ini dibahas mengenai cara pembuatan media, penggunaan media dan juga bagaimana respon guru bahasa Jepang tingkat SMA/sederajat terhadap media yang penulis buat dengan metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah R&D (research and development). Proses pembuatan media menggunakan software Adobe Flash CS5.5 dan Adobe Photoshop CS 6. Adapun hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut: Berdasarkan dari rating scale nilai kriterium yang di dapat yaitu 529. Nilai tersebut hampir mendekati interval sangat baik. Tanggapan responden terhadap penampilan media Katana Learning 1 secara keseluruhan baik. Guru tertarik untuk menggunakan media Katana Learning 1 ketika mengajar bahasa Jepang. Sehubungan pada penelitian ini hanya mencari respon guru saja, diharapkan pada penelitian selanjutnya dapat mencari keefektifan media ini dalam PBM bahasa Jepang.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Media Interaktif, Buku Sakura Jilid 2, Katana Learning 1
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Sastra > Sastra Jepang > 2014
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Sastra
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Sastra > Sastra Jepang (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:10
Last Modified: 16 Nov 2016 08:10
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/29424

Actions (login required)

View Item View Item