Kerjasama Indonesia-Jepang Pada Industri Otomotif Mobil Jepang di Indonesia Melalui Indonesia Japan Economic Partnership Agreement (IJEPA)

Wigiarti, Ari (2014) Kerjasama Indonesia-Jepang Pada Industri Otomotif Mobil Jepang di Indonesia Melalui Indonesia Japan Economic Partnership Agreement (IJEPA). Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauhmana Kerjasama Indonesia-Jepang pada Industri otomotif mobil Jepang di Indonesia melalui Indonesia Japan Economic Partnership Agreement (IJEPA). Dan yang menjadi objek dalam penelitian ini adalah Kementerian Perindustrian, Kementerian Perdagangan, dan Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (GAIKINDO). Peneliti mencoba untuk memahami dan menganalisis dampak dari kerjasama IJEPA pada industri otomotif mobil Jepang yang ada di Indonesia. Penelitian ini memakai tipe penelitian kualitatif, metode penelitian yang digunakan adalah teknik analisis deksriptif, sebagian besar data yang ada dikumpulkan melalui studi pustaka, penelusuran website, dan wawancara. Data-data yang diperoleh kemudian penulis analisis dengan memakai teori yang dihubungkan dengan keilmuan peneliti. Teori utama yang dipakai adalah hubungan internasional, ekonomi politik internasional, dan kerjasama bilateral. Dan teori-teori ekonomi yang dipakai adalah perdagangan ekspor dan impor, dan perindustrian. Teori-teori umum berguna sebagai pemandu dalam membentuk gagasan dalam skripsi ini sedangkan teori-teori ekonomi digunakan sebagai perangkat analisa dari data-data dan fakta yang ditemukan berkaitan dengan pokok permasalahan yang diteliti. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa terdapat dampak baik positif atau negatif dari kerjasama Indonesian Japan Economic Partnership Agreement (IJEPA) pada Industri Otomotif Mobil Jepang di Indonesia. Dampak positif bisa kita lihat dalam perindustrian otomotif mobil Jepang di Indonesia pada saat ini semakin meningkat sehingga membuat perekonomian indonesia menjadi lebih maju dengan adanya perjanjian kerjasama antara Indonesia dengan Jepang, sedangkan dampak negatifnya Indonesia menjadi negara yang tidak bisa berdiri sendiri untuk memajukan perindustrian otomotif mobil di negaranya sendiri.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kerjasama Internasional, Industri Otomotif, Ekspor dan Impor
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Sospol > Hubungan Internasional > 2014
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Hubungan Internasional (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:10
Last Modified: 16 Nov 2016 08:10
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/29432

Actions (login required)

View Item View Item