Peranan Uni Eropa Melalui Program IPA (Instrumen Pre-Accession Assistance) Dalam Membangun Perekonomian Kosovo (2008-2012)

Purnamasari, Miranti (2014) Peranan Uni Eropa Melalui Program IPA (Instrumen Pre-Accession Assistance) Dalam Membangun Perekonomian Kosovo (2008-2012).

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Masalah dari penelitian ini adalah bagaimana Uni Eropa yang merupakan sebuah organisasi kawasan yang berada di kawasan Eropa, memiliki kebijakan enlargement, yaitu sebuah kebijakan dimana Uni Eropa berusaha memperluas wilayah sehingga kerjasama yang dilakukan akan semakin luas. Wilayah Balkan pun tidak lepas dari perhatian Eropa. untuk wilayah ini, Uni Eropa mengeluarkan sebuah Proses Stabilisasi dan Asosiasi (SAP) yang merupaka sebuah kebijakan yang mengandung janji UE kepada Negara Balkan Barat untuk berkesempatan menjadi anggota. Karena itulah Kosovo pun akhirnya menjadi bagian dari SAP. Setelah menjadi bagian SAP, Kosovo mendapat bantuan dari UE sebagai calon potensial kandidat. Program bantuan yang diberikan oleh UE adalah program IPA yang merupakan program yang dibentuk untuk menciptakan kerangka kerja tunggal dalam membantu negara-negara kandidat dan negara potensial untuk bergabung denga UE. Melalui IPA inilah, UE memberikan bantuan dana kepada Kosovo untuk membangun perekonomiannya. Tipe penelitian ini adalah kualitatif. Metode penelitian yang digunakan adalah teknik analisa deskriptif. Sebagian besar data dikumpulkan melalui studi pustaka, serta penelusuran website. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa bantuan dana yang diberikan oleh Uni Eropa melalui program IPA yang diberikan melalui sektor perekonomian Kosovo telah cukup berhasil dengan ditunjukkan melalui peningkatan-peningkatan terhadap perekonomian Kosovo, pemberian bantuan ini telah membuahkan hasil yang cukup signifikan dalam pembangunan dan pertumbuhan ekonomi Kosovo.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Bantuan luar negeri, IPA, Uni Eropa, Kosovo, Perekonomian
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Sospol > Hubungan Internasional > 2014
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Hubungan Internasional (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:10
Last Modified: 16 Nov 2016 08:10
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/29438

Actions (login required)

View Item View Item