Rencana Strategis Teknologi Informasi Dengan Pendekatan Grid Strategic Mc. Farlan (Studi Kasus : PDAM Tirtawening Kota Bandung)

Noveristi Aulia Safitri, Nova (2014) Rencana Strategis Teknologi Informasi Dengan Pendekatan Grid Strategic Mc. Farlan (Studi Kasus : PDAM Tirtawening Kota Bandung).

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Teknologi informasi saat ini berperan sangat penting dalam bisnis dan organisasi. Melalui perencanaan strategi yang bersifat dinamis dan fleksibel, sebuah perusahaan dapat melihat secara objektif kondisi-kondisi internal dan eksternal, sehingga dapat mengantisipasi perubahan lingkungan bisnis dan mampu bertahan pada persaingan bisnis yang semakin ketat.Kebutuhan data dan informasi yang cepat dan akurat, khususnya informasi yang menyangkut operasional perusahaan pada PDAM Tirtawening, saat ini sangat tinggi. Hal tersebut dapat difahami karena dengan data dan informasi tersebut PDAM Tirtawening dapat melakukan hal-hal mulai dari perencanaan, penempatan dana sampai dengan pengambilan keputusan yang tepat. Untuk itu perlu untuk melakukan perencanaan strategi teknologi informasi sebagai langkah awal dalam proses pengembangan dan penataan TI di PDAM Tirtawening.Perencanaan strategi TI menggunakan metode dari Anita Cassidy dan pendekatan Grid Strategis Mc.Farlan melalui empat tahapan perencanaan. Model ini dititikberatkan pada usaha perencanaan dan observasi langsung operasional. Hasil kajian dari penelitian ini adalah : (1) Manajemen efektif dari asset TI yang mahal, sehingga dapat diantisipasi terjadinya kelebihan investasi atau kekurangan investasi dalam pengadaan asset TI (2) Memperbaiki komunikasi antar domain strategis/ operasional dengan domain TI (3) Menselaraskan perencanaan TI dan perencanaan strategis PDAM Tirtawening (4) Perencanaan aliran informasi dan proses (5) Pengalokasian sumberdaya TI secara efisien dan efektif (6) Mengurangi waktu dan biaya dari siklus pembangunan sistem informasi dan (7) Menjamin bahwa TI yang direncanakan dan dikembangkan benar-benar menjawab kebutuhan perusahaan.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Anita Cassidy, Mc.Farlan, Rencana Strategi TI, PDAM
Subjects: S2 Thesis > Magister Sistem Informasi > 2014
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Perpustakaan UNIKOM
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:10
Last Modified: 16 Nov 2016 08:10
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/29443

Actions (login required)

View Item View Item