Penggunaan VAL IT Framework 2.0 Untuk Mengukur Perencanaan Investasi Teknologi Informasi Aplikasi Metatrader 4.0 (Online Trading) Pada Perusahaan Sekuritas Online

Puspita Dhaniawaty, Rani (2014) Penggunaan VAL IT Framework 2.0 Untuk Mengukur Perencanaan Investasi Teknologi Informasi Aplikasi Metatrader 4.0 (Online Trading) Pada Perusahaan Sekuritas Online.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Perusahaan sekuritas online ini merupakan salah satu perusahaan sekuritas online yang ada di Indonesia. Seiring dengan meningkatnya penggunaan teknologi informasi pada perusahaan sekuritas online, perusahaan sekuritas online ini mengharapkan investasi teknologi informasi yang dilakukan dapat memberikan hasil dan manfaat sesuai dengan harapan perusahaan. Maka dari itu perusahaan sekuritas online ini menerapkan aplikasi metatrader 4.0 (online trading) yang bertujuan untuk memberikan manfaat bagi perusahaan, menjaga tingkat kepuasan dan memberikan pelayanan terbaik kepada nasabah. Tetapi dalam penerapan investasi teknologi informasi aplikasi metatrader 4.0 (online trading) perusahaan masih belum merasakan manfaat sesuai dengan yang diharapkan. Hal ini dikarenakan masih terdapat beberapa proses operasional dan penggunaan perangkat pendukung operasional yang belum efisien dimana masih perlu untuk diminimalisasi ataupun dihilangkan dalam segi biaya, resiko dan penggunaan teknologi informasinya sehingga dapat mengurangi pengeluaran biaya untuk teknologi informasi perusahaan. Oleh karena itu perusahaan ingin mengetahui apakah perencanaan investasi teknologi informasi aplikasi metatrader 4.0 (online trading) yang sudah dilakukan sebelumnya, sudah memberikan manfaat yang maksimal bagi perusahaan atau belum dan perusahaan juga ingin mengetahui secara tepat mana manfaat yang terukur maupun manfaat tidak terukur. Untuk menghitung manfaat investasi teknologi informasi yang dihasilkan, terdapat beberapa metode dan framework yang dapat digunakan. Dalam penelitian ini metode yang digunakan dalam menghasilkan data dan informasi yang berkaitan dengan aplikasi metatrader 4.0 (online trading) adalah wawancara, observasi, dan kuesioner. Metode pendekatan framework yang digunakan yaitu Val IT Framework 2.0 yang memiliki tiga proses utama untuk mengukur manfaat investasi teknologi informasi (Value Governance (VG), Portofolio Management (PM), dan Investment Management (IM)), membangun business case, serta menentukan maturity level perusahaan. Dengan adanya perencanaan investasi teknologi informasi aplikasi metatrader 4.0 (online trading) dengan menggunakan Val IT Framework 2.0 akan menghasilkan panduan, business case yang didalamnya menjelaskan mengenai asumsi serta menjabarkan hasil data daftar fakta, analisa keselarasan, manfaat finansial dan non-finansial, analisa resiko, optimasi resiko, dan dokumentasi business case, serta maturity level yang dapat membantu perusahaan untuk mengukur investasi teknologi informasi, menetapkan pilihan strategis dengan melihat sejauh mana efektifitas sebuah perusahaan dalam menciptakan manfaat, mengambil keputusan, memperbaiki portofolio investasi teknologi informasi perusahaan dan menggambarkan biaya, resiko dan manfaat yang didapat oleh perusahaan secara jelas.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Manfaat Investasi Teknologi Informasi, Val IT Framework 2.0, Aplikasi Metatrader 4.0 (online trading), Business Case, dan Portofolio Investasi Teknologi Informasi.
Subjects: S2 Thesis > Magister Sistem Informasi > 2014
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Perpustakaan UNIKOM
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:10
Last Modified: 16 Nov 2016 08:10
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/29444

Actions (login required)

View Item View Item