Analisa Perilaku User Dalam Penerimaan dan Transaksi Online Pada Website Groupon Disdus Dengan Menggunakan Technology Acceptance Model (TAM)

Istiqomah, (2014) Analisa Perilaku User Dalam Penerimaan dan Transaksi Online Pada Website Groupon Disdus Dengan Menggunakan Technology Acceptance Model (TAM).

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Groupon Disdus adalah website yang menyediakan berbagai macam produk seperti baju, aksesoris, voucher promo dan lain sebagainya dengan harga yang murah atau sudah diberi diskon. Akan tetapi, ketika konsumen baru menggunakan atau mengakses website Groupon Disdus terkadang mereka mengalami kesulitan dalam mengakses website tersebut, misalnya ketika memilih metode pembayaran yang akan digunakan maupun saat akan melakukan konfirmasi pembayaran karena konsumen harus melakukan prosedur yang rumit serta terkadang notifikasi dari website Groupon Disdus juga tidak sampai ke konsumen. Selain itu, ketika konsumen telah melakukan pembelian ternyata ada beberapa keluhan yang sering disampaikan antara lain mengenai proses pengiriman yang tidak sesuai dengan keterangan yang diberikan, waktu pengiriman yang lama hingga barang yang dikirim tidak sesuai dengan penjelasan yang ada di website Groupon Disdus dan biasanya pihak Groupon disdus juga lama dalam memberikan respon terhadap keluhan-keluhan tersebut. Oleh karena itu, konsumen biasanya membutuhkan waktu atau berpikir ulang ketika akan melakukan pembelian pada Groupon Disdus.Oleh karena itu diusulkan lah penelitian ini, untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi para calon konsumen dalam melakukan transaksi pada situs-situs group buying. Salah satu metode yang dapat mengidentifikasi faktor-faktor penerimaan sebuah sistem adalah dengan menggunakan Technology Acceptance Model (TAM). Model TAM yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan memodifikasi model TAM yang dikembangkan oleh Pavlou yaitu model yang khusus untuk mengidentifikasi penerimaan user terhadap sistem e-commerce, faktor-faktor penelitian yaitu Itention to Transact, Trust, Perceived Risk, Perceived Usefulness, Perceived Ease of Use dan Actual Transaction. Hasil yang diperoleh adalah Groupon Disdus diharapkan dapat membangun kepercayaan konsumen salah satunya adalah dengan mengurangi rasa kekhawatiran konsumen dalam melakukan transaksi pada Groupon Disdus, menyediakan kemudahan/ketersediaan akses misalnya dengan membuat Groupon Disdus versi desktop dan mobile, memberikan pelayanan yang baik kepada konsumen agar mereka mau melakukan transaksi kembali pada Groupon Disdus dan merekomendasikan Groupon Disdus kepada pengguna yang lain.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Groupon Disdus, TAM, trust, perceived risk, perceived usefulness, perceived ease of use, intention to transact, actual transaction
Subjects: S2 Thesis > Magister Sistem Informasi > 2014
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Perpustakaan UNIKOM
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:10
Last Modified: 16 Nov 2016 08:10
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/29448

Actions (login required)

View Item View Item