Sistem Informasi Pelayanan Kesehatan di Laboratorium Klinik Paranida Bandung

Wijaya, Fanji (2014) Sistem Informasi Pelayanan Kesehatan di Laboratorium Klinik Paranida Bandung. Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Laboratorium Klinik Paranida merupakan sarana penunjang kesehatan. Meningkatkan Mutu Layanan Laboratorium melalui standarisasi layanan yang mencakup aspek prosedur pelayanan, prosedur pemeriksaan dan keakuratan diagnosa yang Anda butuhkan untuk kehidupan yang lebih sehat. Di temukan permasalahan yang terjadi pada proses pengolahan data pasien yang saat ini masih dilakukan dengan sistem pencatatan serta proses perhitungan transaksi pembayaran masih belum memaksimalkan sitem komputerisasi dengan baik sehingga dalam membuat laporan data pasien dan laporan keuangan membutuhkan waktu yang cukup lama. Metode pendekatan sistem yang digunakan adalah perancangan terstruktur. Dimana perancangan terstruktur adalah pengembangan sebuah model dari hasil analisa pemecahan permasalahan dengan menggunakan sebuah sistem komputer yang memiliki komponen - komponen dan hubungan yang sama atau serupa dengan permasalahan aslinya. Adapun Pengembangan sistem yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan membuat prototype menggunakan metode iterative dalam model System Development Life Cycle (SDLC). Adapun alat yang digunakan untuk menggambarkan model sistem adalah berupa diagram alir data (FlowMap), diagram konteks, dan data flow diagram (DFD), serta dalam perancangan basis data menggunakan kamus data, normalisasi, dan Entity Relation Diagram (ERD). Dalam perancangan Sistem Informasi Pelayanan Kesehatan ini menggunakan bahasa pemrograman NetBeans IDE 6.9.1 dengan ditunjang MySQL sebagai databasenya. Setelah melewati tahapan implementasi dan pengujian, hasil yang diperoleh adalah penyimpanan data yang lebih baik serta pemberian kemudahan dalam pembuatan laporan secara efektif dan pengarsipan laporan yang terstruktur. Sistem informasi yang dibuat diharapkan dapat membantu Laboratorium Klinik Paranida dalam meningkatkan pelayanan kesehatan serta kinerja organisasinya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Laboratorium Klinik Paranida, Metode System Development Life Cycle (SDLC), Sistem Informasi Pelayanan Kesehatan
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Manajemen Informatika > Sistem Informasi > 2014
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Sistem Informasi (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:10
Last Modified: 16 Nov 2016 08:10
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/29451

Actions (login required)

View Item View Item