Pengaruh Rasio Kecukupan Modal dan Rasio Likuiditas Terhadap Pengembalian Asset Pada Bank BUMN Yang Telah Go Public di Bursa Efek Indonesia Periode 2004-2013

Muhammad Isham, Fariz (2014) Pengaruh Rasio Kecukupan Modal dan Rasio Likuiditas Terhadap Pengembalian Asset Pada Bank BUMN Yang Telah Go Public di Bursa Efek Indonesia Periode 2004-2013.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Tujuan utama operasional Bank adalah mencapai tingkat profitabilitas yang maksimal. Salah satu indikator yang mengukur tingkat keberhasilan perusahaan dalam aktivitas aset yaitu tingkat pengembalian aset. Semakin tinggi tingkat pengembalian aset menggambarkan semakin baik perusahaan dalam menghasilkan laba atas aset yang ditanamkan. Salah satu yang menentukan pengembalian aset adalah rasio kecukupan modal. Rasio kecukupan modal mecerminkan modal bank, semakin besar rasio ini maka pengembalian aset yang diperoleh bank akan semakin besar juga karena tingginya rasio kecukupan modal akan mampu melakukan ekspansi dengan lebih amannya perusahaan dan akan mempengaruhi kinerja keuangan bank tersebut. Populasi dalam penelitian ini adalah pada bank BUMN yang telah go public yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2004-2013. Sedangkan sampel yang diambil sebagai objek penelitian yaitu sebanyak 4 (empat) perusahaan dengan menggunakan pooled data sebanyak 40 data dan menggunakan teknik penarikan sampel purposive sampling. Penelitian ini menggunakan data sekunder yang diperoleh dari Bursa Efek Indonesia untuk data internal perusahaan diantaranya Rasio Kecukupan Modal (CAR), Likuiditas (LDR) dan Pengembalian Aset (ROA) tahun 2004 �� 2013. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengaruh yang paling dominan terhadap pengembalian aset pada bank BUMN yang telah go public yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2004-2013 adalah Rasio Kecukupan Modal (CAR) dan Likuiditas (LDR) yang bersama-sama berpengaruh terhadap pengembalian aset sebesar 9,5%, sedangkan sisanya 90,5% dipengaruhi oleh variabel lain.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Rasio Kecukupan Modal, Likuiditas, Pengembalian Aset
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Ekonomi Bisnis > Manajemen > 2014
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi > Manajemen (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:10
Last Modified: 16 Nov 2016 08:10
URI: http://repository.unikom.ac.id/id/eprint/29502

Actions (login required)

View Item View Item