Sistem Pendukung Keputusan Rekrutmen Karyawan di PT. Indo Beras Unggul Menggunakan Metode Analytical Hierarchy Process (AHP)

Hendrawan Sa, Markus (2014) Sistem Pendukung Keputusan Rekrutmen Karyawan di PT. Indo Beras Unggul Menggunakan Metode Analytical Hierarchy Process (AHP).

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

PT. Indo Beras Unggul merupakan perusahaan yang bergerak dibidang pengolahan beras. Saat ini, proses penilaian rekrutmen di PT. Indo Beras Unggul dilakukan secara subjektif sehingga menyebabkan hasil akhir perekrutan terhadap calon karyawan dapat mengganggu kandidat yang memiliki kemampuan dan keterampilan tetapi tidak mempunyai nilai subjektifitas yang pada akhirnya tersingkirkan. Selain itu, terdapat adanya perbedaan penilaian berupa angka dan abjad pada tes seleksi sehingga membuat manager HRD kesulitan dalam menghasilkan nilai hasil seleksi calon karyawan. Oleh karena itu, sebagai solusi dari permasalahan yang terjadi maka dibangunlah sebuah Sistem Pendukung Keputusan Rekrutmen Karyawan. Sistem pendukung keputusan yang dibangun menggunakan metode Analytical Hierarchy Process (AHP). AHP merupakan metode pengambilan keputusan yang membantu dalam menentukan prioritas dari beberapa kriteria. Kriteria rekrutmen karyawan di PT. Indo Beras Unggul diantaranya pendidikan terakhir, tes psikotes, tes potensi akademik, tes tertulis, tes kesehatan dan tes wawancara. Selanjutnya pada tahap pembangunan sistem menggunakan pendekatan terstruktur, metode pembangunan sistem dengan model waterfall, analisis perancangan meliputi Flowmap, Diagram Konteks, Kamus Data, Data Flow Diagram dan konseptual rancang basis data menggunakan Entity Relationship Diagram (ERD). Implementasi dan pengujian unit menggunakan alat seperti Borland Delphi sebagai desain tampilan antarmuka dan MySQL sebagai pengolahan database. Pengujian sistem dilakukan dengan pengujian black box serta wawancara. Hasil pengujian yang telah dilakukan maka disimpulkan bahwa dengan adanya Sistem Pendukung Keputusan Rekrutmen Karyawan di PT. Indo Beras Unggul dapat memberikan rekomendasi kepada manager HRD dalam pengambilan keputusan layak atau tidaknya calon karyawan berdasarkan hasil nilai yang objektif pada penilaian rekrutmen dan memudahkan manager HRD dalam menghasilkan nilai hasil seleksi sehingga mendapatkan calon karyawan yang tepat.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Sistem Pendukung Keputusan, Rekrutmen, Analytical Hierarchy Process
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika > 2014
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:10
Last Modified: 16 Nov 2016 08:10
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/29522

Actions (login required)

View Item View Item