Pengaruh Perilaku Wajib Pajak dan Kepatuhan Wajib Pajak Terhadap Self Assessment System (Survey Terhadap Wajib Pajak Orang Pribadi di KPP Pratama Bandung Karees)

Mim, Afridiansyah (2014) Pengaruh Perilaku Wajib Pajak dan Kepatuhan Wajib Pajak Terhadap Self Assessment System (Survey Terhadap Wajib Pajak Orang Pribadi di KPP Pratama Bandung Karees). Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Masalah perilaku wajib pajak dalam hal penyampaian pajak yang menerapkan self assessment system merupakan masalah yang sangat penting, khususnya di Indonesia. Karena di Indonesia sudah menganut sistem self assessment system,yang dimana menuntut tingkat kesadaran dan kepatuhan wajib pajak akan pelaksanakan kewajiban perpajakannya sendiri. Namun banyak wajib pajak yang belum mengerti dan memahami self assessment system yang dimana wajib pajak harus menghitung, melaporkan, dan membayar pajaknya sendiri, serta masih kurangnya sosialisasi dari para pihak terkait kepada masyarakat. Maka dari itu dalam perilaku wajib pajak dan kepatuhan wajib pajak perlu ditingkatkan dalam melaksanakan self assessment system. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh perilaku wajib pajak dan kepatuhan wajib pajak. terhadap self assessment system. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan Struktural Equation Modelling (SEM) dengan pendekatan Partial Least Square (PLS) dimana untuk mengetahui lebih rinci besar pengaruh perilaku wajib pajak dan kepatuhan wajib pajak terhadap self assessement system. Dalam penelitian ini metode yang digunakan yakni metode deskriptif dan metode verifikatif dengan sampel 100 orang wajib pajak orang pribadi yang terdaftar di KPP Pratama Bandung Karees. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan Simple Random Sampling. Artinya 100 sampel yang diambil dilakukan secara acak tanpa memperhatikan golongan dan strata yang ada dalam populasi itu. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perilaku wajib pajak dan kepatuhan wajib pajak berpengaruh signifikan dalam meningkatkan self assessment system orang pribadi di KPP Pratama Bandung Karees. Artinya ketika perilaku wajib pajak dan kepatuhan wajib pajak meningkat maka self assessment system pun akan meningkat mengalami hal yang sama. Responden memberikan tanggapan yang baik. Dengan begitu, dapat disimpulkan perilaku wajib pajak orang pribadi pada KPP Pratama Bandung Karees telah patuh melakukan self assessment system dalam kewajiban perpajakannya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Perilaku Wajib Pajak, Kepatuhan Wajib Pajak, Self Assessment System
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Ekonomi Bisnis > Akuntansi > 2014
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi > Akuntansi (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:10
Last Modified: 16 Nov 2016 08:10
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/29553

Actions (login required)

View Item View Item