Pembangunan aplikasi multimedia interaktif pembelajaran agribisnis tanaman pangan dan hortikultura (studi kasus)

Hidayat, Taupik (2015) Pembangunan aplikasi multimedia interaktif pembelajaran agribisnis tanaman pangan dan hortikultura (studi kasus). Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

SMKN 2 Subang merupakan salah satu sekolah menengah kejuruan yang berada di Jl. Wera Km. 05 Dangdeur, Subang. Sekolah yang dulu bernama STM Pertanian Subang ini memiliki banyak program studi keahlian. Agribisnis Tanaman Pangan dan Hortikuktura merupakan salah satu program keahlian yang berada di SMKN 2 Subang. Berdasarkan hasil kuesioner penelitian awal terhadap siswa SMKN 2 Subang dapat disimpulkan bahwa materi pembelajaran yang disampaikan kurang interaktif, menyebabkan banyak siswa yang mengalami kesulitan dalam memahami mata pelajaran agribisnis tanaman pangan dan hortikultura karena siswa dituntut untuk bisa menguasai materi yang dijelaskan oleh guru. Begitu pula dengan hasil wawancara dengan Ibu Ir. Neneng Nana Siti Zenab selaku ketua jurusan bidang keahlian agribisnis tanaman pangan dan hortikultura mengatakan bahwa pada materi teknik penanaman karena dibutuhkan sarana dan prasarana yang memadai. Aplikasi Multimedia Interaktif Pembelajaran Agribisnis Tanaman Pangan dan Hortikultura merupakan salah satu media pembelajaran yang berbasis multimedia interaktif untuk membantu pengajar dalam menyampaikan materi pembelajaran yang sulit dijelaskan dan membantu siswa dalam memahami materi yang disampaikan pengajar dengan memberikan media alat bantu pembelajaran, Metode pembangunan aplikasi multimedia interaktif yang dipakai adalah menurut luther sutopo dimana tahapan nya adalah konsep, desain, pengumpulan materi, perancangan dan pengujian. Pada aplikasi ini terdapat tiga menu utama yaitu menu materi belajar, menu evaluasi latihan soal dan menu kumpulan video. Pengujian aplikasi dilakukan dengan menggunakan metode Black box, kuesioner dan wawancara. Berdasarkan hasil yang didapat dari penelitian yang dilakukan maka dapat diperoleh kesimpulan bahwa aplikasi ini sudah dapat membantu siswa dalam memahami materi pembelajaran dengan memberikan media alat bantu pembelajaran yang lebih interaktif dan memudahkan guru dalam menyampaikan materi pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Multimedia, Agribisnis, Interaktif, Pembelajaran.
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika > 2015
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika (S1)
Depositing User: Admin Repository
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:10
Last Modified: 16 Nov 2016 08:10
URI: http://repository.unikom.ac.id/id/eprint/29554

Actions (login required)

View Item View Item