Rancang Bangun Sistem Monitoring dan Akuisisi Data Konsumsi Air Tanah di DKI Jakarta Menggunakan Komunikasi GSM

Abdat, Faris (2014) Rancang Bangun Sistem Monitoring dan Akuisisi Data Konsumsi Air Tanah di DKI Jakarta Menggunakan Komunikasi GSM.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Air merupakan kebutuhan pokok manusia untuk melangsungkan kehidupan dan meningkatkan kesejahteraan. Sehingga manajemen distribusi air yang baik menjadi tujuan pemerintah dalam memberikan fasilitas secara adil kepada seluruh masyarakat untuk memperoleh dan menggunakan air dengan efektif dan produktif. Pemerintah membentuk beberapa peraturan yang mengatur pengelolaan Sumber Daya Air. Contohnya Peraturan Daerah Nomor 6 Tahun 2010 tentang Ketentuan Umum Pajak Daerah yang mengatur pemungutan pajak penggunaan air tanah. Pada tugas akhir ini dirancang sebuah sistem online monitoring yang berfungsi untuk mempermudah pengelolaan air tanah. Alat ini dirancang untuk memudahkan dalam memonitoring pajak yang harus dibayarkan sesuai dengan air yang digunakan setiap bulannya. Media yang digunakan adalah water flow sensor yang berfungsi untuk menghitung konsumsi air tanah dan mengakuisisi data, sehingga dapat diproses oleh Mikrokontroler ATMega 8535 untuk mengirimkan data pada web server. Sistem monitoring yang telah berhasil dibangun mempunyai prinsip kerja apabila ada aliran air yang melewati sensor, maka sensor tersebut akan memberikan output kepada mikrokontroler yang selanjutnya akan diterjemahkan menjadi angka atau data nilai konsumsi air tanah untuk dikirimkan oleh modem GSM kepada web server.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Air Tanah, Sistem Monitoring, Short Message Service (SMS), GSM Communication (GSM), Akuisisi Data
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Elektro > 2014
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Elektro (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:10
Last Modified: 16 Nov 2016 08:10
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/29556

Actions (login required)

View Item View Item