Analisis Jaringan Menggunakan Calstats Dengan Internet Control Message Protocol (ICMP) (Studi Kasus Universitas Padjadjaran, Jatinangor)

Al Afghani, Jamaluddin (2014) Analisis Jaringan Menggunakan Calstats Dengan Internet Control Message Protocol (ICMP) (Studi Kasus Universitas Padjadjaran, Jatinangor).

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Seorang administrator jaringan bertanggung jawab mengawasi keadaan perangkat jaringan yang berada di bawah pengawasan otoritas tunggal yang disebut dengan Autonomous System (AS). Internet Control Message Protocol (ICMP) adalah protokol yang dapat digunakan untuk memeriksa keadaan perangkat jaringan. Terdapat beberapa perangkat lunak yang memanfaatkan ICMP untuk keperluan monitoring, diantaranya adalah Calstats dan Cacti. Jika dibandingkan dengan Cacti, Calstats cenderung lebih mudah dalam konfigurasinya dan cukup efektif jika digunakan pada Local Area Network (LAN). Calstats bekerja dengan cara mengirimkan paket data ICMP ke setiap perangkat jaringan, kemudian menampilkan hasilnya pada tampilan yang dapat diakses melalui web browser. Pengujian Calstats dilakukan pada jaringan LAN di Universitas Padjadjaran, Jatinangor. Perangkat yang dimonitoring adalah switch, router, dan access point. Dalam pengujian, tampilan Calstats dibandingkan dengan hasil pengujian program Ping, Nmap, dan Cacti. Setelah itu, dilakukan analisis terhadap perangkat yang aktif dan tidak aktif. Hasil dari pengujian menunjukkan bahwa kondisi perangkat pada tampilan Calstats sesuai dengan hasil pengujian beberapa program. Dengan begitu seorang administrator jaringan menjadi mudah memantau keadaan perangkat jaringan dan lebih antisipatif dalam menangani masalah yang terjadi pada LAN.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Autonomous System, Sistem Monitoring Jaringan, ICMP
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Komputer > Sistem Komputer > 2014
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Komputer (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:10
Last Modified: 16 Nov 2016 08:10
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/29560

Actions (login required)

View Item View Item