Pembangunan Game Turn-Based Strategy Pertempuran Konvoy Sukabumi-Cianjur

M and Pananjung, Luhung (2014) Pembangunan Game Turn-Based Strategy Pertempuran Konvoy Sukabumi-Cianjur. Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Pertempuran Konvoy Sukabumi �� Cianjur merupakan salah satu pertempuran dalam mempertahankan kemerdekaan Indonesia yang terjadi pada tanggal 9-12 Desember 1945 dan 10-14 Maret 1946. Namun sayangnya peristiwa ini kurang dikenal oleh masyarakat Indonesia, khususnya masyarakat Sukabumi dan Cianjur. Adapun referensi mengenai peristiwa relatif sulit untuk didapat, karena hanya tersedia di Museum Palagan Bojongkokosan. Referensi tersebut juga hanya berupa buku yang menambah ketidaktertarikan masyarakat untuk mengenal dan mempelajari peristiwa pertempuran konvoy ini lebih jauh. Buku ini juga hanya dapat dibeli di Museum Palagan Bojongkokosan dan dijual dalam jumlah yang terbatas. Game ini merupakan sebuah game berbasis desktop dengan genre turn-based strategy dan menggunakan grafis 2 dimensi. Dalam pembangunan game ini, diimplementasikan kecerdasan buatan A* (A Star) untuk pencarian rute terpendek dan Finite State Machine (FSM) untuk menentukan aksi NPC. Game ini dibangun dengan menggunakan tools Game Maker 8 dan bahasa pemrograman Game Maker Language (GML). Pengujian aplikasi dilakukan dengan menggunakan metode black box, white box dan kuesioner. Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa game Pertempuran Konvoy Sukabumi �� Cianjur yang dibangun dapat membantu sebagai sarana mengenalkan dan menyampaikan kisah sejarah pertempuran konvoy Sukabumi �� Cianjur yang relatif lebih menarik dibandingkan dengan membaca buku. Game ini juga relative lebih mudah untuk didapatkan karena dapat dengan mudah disebarkan melalui media penyimpanan offline maupun internet.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pertempuran Konvoy Sukabumi - Cianjur, Game, Turn-Based Strategy, A* (A Star), Finite State Machine (FSM)
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika > 2014
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika (S1)
Depositing User: Admin Repository
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:10
Last Modified: 16 Nov 2016 08:10
URI: http://repository.unikom.ac.id/id/eprint/29564

Actions (login required)

View Item View Item